Waspada Modus Maling HP di Konser Musik

Mohon maaf di postingan kali ini saya mau curhat dengan peristiwa kehilangan HP yang saya alami saat nonton konser musik. Tulisan ini saya share agar kalian nggak mengalami hal yang sama dan bisa lebih berhati-hati jika hendak nonton konser.

Singkat cerita, HP saya hilang. Lebih tepatnya, dicuri orang. Kejadiannya hari Minggu kemarin (17/12/2017), kurang lebih pukul 21.30 di Lapangan Rampal Malang, saat sedang asyik menonton sebuah konser musik yang mendatangkan band papan atas Slank. Konser ini sebenarnya digelar oleh salah satu sponsor rokok, tiket masuknya juga gratis, mungkin untuk mempromosikan produk mereka. konser nya berlangsung selama 2 hari, hari pertama mendatangkan band Wali dan di hari kedua ada Slank. karena saya suka dengan lagu-lagu Slank dan mumpung Gratis (maklum anak kost) akhirnya mengajak pacar saya untuk menghadiri konser itu.

Kami tiba di lokasi sekitar jam 20:30 karena saya dapat kabar kalo Slank akan tampil jam 21.00. Setibanya di TKP udah penuh dengan lautan manusia, antriannya panjang banget di pintu masuk, perlu perjuangan untuk bisa masuk ke venue. belum lagi lokasinya yang habis di guyur hujan sehingga lapangan yang menjadi tempat konser becek dan penuh dengan lumpur.

Ini adalah pengalaman pertama saya nonton konser outdoor dengan guest star sebesar band Slank, kalian tau sendiri pasti bakal rame jika band ini manggung apalagi gratis. Sekitar pukul 21:00 kita sudah berhasil masuk ke venue dan perlahan menuju ke arah depan menerobos penonton yang sudah ramai. Saat itu slank belum juga tampil, tapi masih diisi oleh band lain (lupa namanya). Di sekitar kami sudah penuh dengan penonton lainnya karena kebetulan lagu yg dibawakan band tersebut sudah populer, beberapa penonton yang ikut nyanyi, goyang, dan kami berdiri aja.

Saya menggunakan celana panjang, jaket dan membawa tas samping yang agak kecil. HP saya taro di dalam tas tersebut dan sesekali saya keluarkan untuk mengabadikan foto/video. Sepertinya sekelompok maling ini sudah memantau saya dan mengikuti gerak-gerik saya. dan benar sekali, cuma beberapa menit setelah saya menyimpan hp kedalam tas tiba-tiba ada sekelompok penonton disekitar saya yang datang bergoyang, dorong-dorong, bahkan menyenggol kami dan disitulah mereka berkesempatan untuk mengambil hp saya. 

Saat mereka sedang bergoyang disekitar saya berdiri ada penonton lainnya yang berteriak "awas copet", mendengar hal itu saya langsung mengecek tas saya dan ternyata tas saya sudah dalam posisi terbuka dan hp saya sudah tidak ada.

Waspada Modus Maling HP di Konser Musik
Ilustrasi Gambar : Google Image
Kami langsung meninggalkan kerumunan penonton itu dan mencoba melapor ke panitia, namun panitia tidak bisa membantu banyak. Panitia juga mengatakan bahwa di hari pertama kemaren juga sekitar 5 orang yang kehilangan hp. 

Singkat kata, saya harus mengikhlaskan hp itu dan sepertinya sulit untuk ditemukan kembali. Saya bener-bener baru tahu modus-modus pencuri di acara konser ternyata seperti ini. 

Saya pun iseng2 mencari di internet modus pencurian hp saat konser dan menemukan banyak kasus yang modusnya persis seperti yang saya alami. Salah satunya saat konser Via Vallen di Madiun (15/11/2017)

Beritanya disini:

Dalam berita itu disebutkan bahwa:
Modusnya dia cari tempat keramaian, konser, acara musik, dangdut, mereka beli tiket ikut masuk seperti penonton, tapi tujuannya mencopet. modus mereka memang sengaja joget-joget dan nyenggol, ada yang nyolek lalu ngambil. Mereka membagi tugas masing-masing saat melakukan aksi pencopetan. Ada yang bertugas untuk mengeksekusi dan ada yang mengawasi selama eksekusi berjalan hingga menyimpan hasil copetan. Selanjutnya, pelaku lain mengalihkan perhatian korban dengan mendorong bersama-sama dari beberapa arah. Selain itu ada satu pelaku yang menjadi sopir yang bersiap mengamankan hp hasil curian. Komplotan copet itu selalu berpindah-pindah kota, mencari event konser dengan bintang tamu penyanyi yang terkenal.

Oiya ini penampakan kardus dari HP saya yang dicuri. Vivo V5s yang barusan saya beli 6 bulan yang lalu. di tahun 2015 lalu juga saya pernah kehilangan Laptop di kampus yang juga belum genap setahun saya beli :( 

Vivo V5s

Mungkin banyak diantara kalian atau teman kalian yang pernah mengalami hal yang sama? semoga ini menjadi pelajaran dan tidak terjadi bagi kalian juga.

1 komentar:

Musti hati2 kalo pogo dan moshing.... hehehe

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) akan dihapus otomatis oleh administrator blog.