Mahasiswa Toraja Kembali Juarai Ajang Kebudayaan di Universitas Brawijaya

Merantaulah sejauh yang engkau bisa, tapi jangan pernah melupakan kampung halaman kamu 

Bagaimana kabarmu yang sedang merantau? Masih terus mengeluhkan segala sesuatu yang kurang menyenangkan? Atau justru lebih fokus mempersiapkan kesuksesan? Apapun yang akhirnya kamu lakukan, itu adalah pilihan kamu. Asal tak lupa, kampung halaman terlebih jika mampu melesatarikan kebudayaan daerahmu di tempat kamu merantau.

Nah, tanggal 12 November 2017 kemarin ada hal menarik yang kembali membuat saya bangga sebagai mahasiswa rantau di Malang. Mahasiswa Toraja yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Tongkonan Toraja Malang (IPTTM) mengukir prestasi luar biasa dalam ajang kebudayaan bertajuk "Ekspresi Brawijaya". Ekspresi Brawijaya adalah ajang kebudayaan yang menampilkan ragam budaya Indonesia yang diikuti oleh beragam forum daerah (FORDA) dari berbagai daerah yang ada di Universitas Brawijaya, Malang.

which is Universitas Brawijaya merupakan salah satu kampus dengan jumlah mahasiswa terbanyak (tiap tahun menerima mahasiswa baru diatas 10rb maba) dan tentunya berasal dari daerah yang berbeda-beda mulai dari Indonesia Barat sampai Timur bahkan mahasiswa dari luar negeri juga ada di Universitas Brawijaya.

Ikatan Pemuda Tongkonan Toraja Malang (IPTTM), Mahasiswa Toraja Malang


Ada empat kategori yang menjadi penilaian dalam ajang kebudayaan ini yaitu Maskot, Mading 3D, Penampilan Forum Daerah, dan Stand. Mahasiswa Toraja berhasil mendapatkan nilai terbaik dan keluar sebagai juara 3 pada kategori Penampilan Terbaik dan juara 1 pada kategori Stand Terbaik. 

Ikatan Pemuda Tongkonan Toraja Malang (IPTTM), Mahasiswa Toraja Malang

Ajang ini diikuti oleh 39 Forum Daerah yang ikut menampilkan mahakarya terbaiknya. Salah satu diantaranya adalah Mahasiswa asal Toraja. Tahun sebelumnya dalam ajang yang bertajuk "Kampung Brawijaya IV", Mahasiswa Toraja (IPTTM) ini juga meraih juara loh sebagai Forda terbaik dan Stand Terbaik. Semoga di ajang berikutnya bisa kembali meraih juara dan mendapat lebih banyak dukungan dan apresiasi dari berbagai pihak termasuk Pemerintah Daerah Kab Tana Toraja dan Toraja Utara.

Ikatan Pemuda Tongkonan Toraja Malang (IPTTM), Mahasiswa Toraja Malang
Ikatan Pemuda Tongkonan Toraja Malang (IPTTM), Mahasiswa Toraja Malang

Okey, tujuan utama dari postingan saya ini sebenarnya bukan pada poin Mahasiswa Toraja yang juara, tapi bagaimana saya ingin menginspirasi teman-teman perantau dimanapun kalian berada agar tetap melestarikan kebudayaan daerah kalian kepada dunia.

Tak ada tempat yang senyaman rumah. Tapi ketidaknyamanan akan lebih banyak memberi ruang berkah. Setiap ketidaknyamanan yang hadir sudah sepatutnya membuat kamu berusaha mengubahnya menjadi nyaman. Biarkan diri kamu berkembang menyesuaikan lingkungan. Jangan menyerah dan kalah. Bersabarlah untuk menanti waktu di mana kamu akan pulang.
Karena sejauh apapun pengembaraanmu, pulang tetap jadi tujuan akhirmu.

1 komentar:

Yuk lestarikan budaya daerah yang menjadi keanekaragaman budaya Indonesia. Tetap semangaaat!

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) akan dihapus otomatis oleh administrator blog.