Inilah 3 Supporter Terbaik di Universitas Brawijaya

Suporter adalah orang yang memberikan dukungan atau sokongan dalam satu pertandingan, demikian KBBI mendefinisikannya. Pengertian ini tidak merujuk pada pertandingan yang spesifik, namun keberadaan suporter pada kenyataannya begitu lekat dengan pertandingan olahraga. Daniel L. Wann menyebut suporter yang menyaksikan pertandingan olahraga sebagai pribadi yang aktif secara fisik, politik dan sosial. Oleh karena itu keberadaan suporter bukan hanya soal dukungan. Suporter membuat pertandingan menjadi lebih berkesan dan dinamis. Bahkan tak jarang keberadaan suporter justru lebih menonjol dan menarik perhatian ketimbang pertandingannya sendiri.

Namun kali ini saya tidak akan membahas tentang "Aremania" yang kerap menjadi the best supporter dalam kancah sepak bola indonesia itu. 

Dalam postingan kali ini saya akan mengulas 3 supporter di kampus saya yang sangat fanatik dalam mendukung Fakultasnya dalam berbagai ajang bergengsi antar fakultas sebut saja Olimpiade Brawijaya (OB) dan Brawijaya Futsal League (BFL). 2 event ini seolah menjadi ajang pembuktian dan eksistensi bagi supporter fakultas yang ada di Universitas Brawijaya.

Namun sepanjang pengamatan saya selama kuliah di kampus ini, inilah 3 supporter terbaik yang sering mencuri perhatian publik, check it out..

1. Ultras FEB



Dalam ajang Olmpiade Brawijaya (OB) 2016, Prestasi tidak hanya datang dari atlet-atlet yang bertanding dalam OB, supporter FEB yang dikenal dengan nama “Ultras” juga menjadi trend center dalam ajang tersebut. 

Ultras sendiri berarti supporter dengan kreativitas secara total, artinya segala atribut dan perlengkapan yang digunakan dalam OB dibuat sendiri, seperti spanduk, bendera 3D, paper mob, dan lain-lain. Tujuan mendasar dibentuknya Ultras adalah untuk mempererat tali persaudaraan FEB secara informal baik yang berasal dari jurusan Akuntansi, Manajemen, maupun Ilmu Ekonomi. Hal ini kemudian diatribusikan dalam bentuk totalitas dukungan kepada atlet FEB yang berlaga dalam ajang OB 2016.


Dalam mendukung tim FEB di gelanggang pertandingan, Ultras tampil memukau dengan menggelorakan jargon dan yel-yel FEB, lengkap dengan kibaran bendera FEB dan papermob. Lebih dari 200 supporter FEB memadati Gor Pertamina UB, dengan salah satu jargon andalannya yaitu, “FEB SATU JIWA!”.

Salah satu supporter FEB, Faiz Baihaqi, merasa bangga dan senang FEB dapat meraih juara sebagai “The Best Supporter” dalam ajang OB 2016. Dukungan kepada atlet FEB yang berlaga diharapkan tidak hnya berhenti sampai pada OB, melainkan tetap berlanjut pada ajang lain dan tahun-tahun berikutnya.

2. Orange Force FISIP


Orange Force adalah wadah untuk menyalurkan minat pada supporter FISIP, Awalnya Orange Force didirikan tahun 2015. Walaupun orange force baru berumur 2 tahunan tetapi orange force telah meraih prestasi sebagai "best supporter" pada Olimpiade Tempo Doeloe 2015, 2016, 2017 dan "best supporter" pada BFL (Brawijaya Futsal League) 2015 dan 2016. Semua mahasiswa FISIP merupakan bagian dari orange force, karena orange force bukan tentang aku, kamu atau dia tapi kita semua orange force. 



Orange Force hadir sebagai alat pemersatu seluruh mahasiswa FISIP tanpa kecuali. Orange Force tidak dimiliki siapa pun tapi siapa pun itu memiliki jiwa Orange Force. Orange Force adalah Wadah masyarakat fisip untuk membuktikan serta menunjukan bagaimana rasa kecintaan terhadap fakultas mereka dengan cara mendukung setiap atlet yang berlaga serta menjadikan fisip bukan hanya institusi pendidikan namun wahana persatuan masyarakatnya. Supporter FISIP juga punya slogan "Tanah Jingga, Tanah Juara".

3. FILKOM Ranger


Filkom Ranger adalah komunitas basis supporter yang ada di Filkom. Komunitas yang berawal dari beberapa orang dari tiap tiap lembaga yang terbentuk pada tahun 2015 dan di beri nama Supporter Filkom. Dan pada seiringnya waktu kami sepakat untuk memberi julukan yaitu Filkom Ranger. 


Filkom Ranger sendiri merupakan sebuah komunitas yang bersifat INDEPENDEN. Dimana komunitas tersebut tidak terikat oleh lembaga manapun. Jadi, siapapun kamu, dari jurusan apapun kamu, dari angkatan berapapun kamu, dan dari lembaga apapun kamu, asalkan kamu FILKOM kamu bisa join di Filkom Ranger. Karena, disini kami hanya sekedar melepas penat dari kegiatan kampus, dan meramaikan tribun ketika atlet Filkom sedang berlaga.

Ada Fakultas Kamu?
Jadi supporter yang fanatik boleh-boleh aja, asal jangan sampai melampaui batas dan merugikan orang lain ya guys!

Nah, ini sedikit tips gimana biar fakultas kamu bisa jadi penonton atau supporter yang baik, yuk budidayakan hal-hal positif ini:

1. Sportif dan Tepuk Tangan

Kesal dan kecewa memang sudah pasti kalau tim idola kamu kalah, tapi bukan berarti kamu bisa meluapkan amarah kamu dengan ngamuk-ngamuk di bangku penonton dan bahkan sampai melukai orang lain kan?

2. Nyanyikan Lagu Kebangsaan Tim Kamu

Biasanya setiap tim punya lagu kebangsaan seperti tim-tim sepak bola kelas dunia. Kalau gak ada coba kamu asal bikin aja lagu sendiri dan nyanyikan atau teriakan lagu itu saat tim kesayangan kamu berlaga.

3. Ajang Cari Kawan Bukan Lawan

STOP cari musuh! Memang buat hal yang satu ini agak sulit karena jarang sekali ada supporter lawan yang menjadi teman, karena biasanya yang dilakukan oleh supporter-supporter fanatik yaitu saling adu mulut sampai adu jotos, bahkan ada yang sampai lempar-lemparan berbagai macam barang yang bisa mencelakai orang lain. Coba deh sekali-kali daripada kamu malah tambah musuh mendingan kamu ajak supporter lawan untuk menjadi kawan. Tambah teman kan lebih baik. 

4. Tanamkan Jiwa Cinta Damai Di Hati

Kalau ada supporter lawan yang mengganggu kamu atau mencoba memprovokasi keributan, diamkan saja. Lebih baik kamu sabar dan menghindar, jangan sampai kena umpan orang-orang yang gak bertanggung jawab. Wajar kalau kamu bete atau kesal saat ada orang yang memancing emosi kamu, tapi biarin aja, anggap aja anjing menggonggong kafilah berlalu. Jangan gubris mereka yang gak penting dan hanya cari gara-gara, yang ada nanti malah kamu yang rugi akibat kelakuan mereka.

Nah, stay Peace, love, and be cool!

2 komentar

walau jd suporter saja tuh bikin gembira ya

ORANGE FORCE FISIP BRAWIJAYA!

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) akan dihapus otomatis oleh administrator blog.