Belajar HTML Lengkap untuk Pemula

Tutorial ini dibuat bagi Anda yang ingin belajar HTML untuk membuat website dari dasar. Supaya Anda memahaminya, pastikan membacanya dan praktek dengan urut mulai dari awal.
Untuk Anda yang beranggapan jika membuat website itu sulit, dengan menyelesaikan tutorial yang kami buat, anggapan tersebut tidak akan berlaku. 🙂
Siapapun bisa belajar bagaimana caranya membuat website, yaitu diawali dengan mempelajari HTML terlebih dahulu sebagai pondasinya.
Setelah Anda menguasai HTML, kami pastikan Anda bisa membuat halaman website hanya kurang dari satu jam.
Banyak yang beranggapan untuk belajar membuat website perlu software yang mahal. Sebenarnya, dengan software yang sudah tersedia secara gratis, untuk menguasainya tidak memerlukan biaya yang mahal, bahkan bisa gratis.
Untuk langkah pada tutorial ini kami buat sesederhana mungkin, supaya Anda mudah memahaminya.
Meskipun tutorial ini belum membahas secara keseluruhan bagaimana membuat website, tapi Anda akan memahami bagaimana dasar membuat website dengan cara yang benar.

Berikut adalah Langkah Belajar HTML

1. Persiapan

Pada langkah ini Anda akan mengetahui hal apa saja yang harus dipersiapkan.
Apa yang Anda Butuhkan?
Hal yang pertama dibutuhkan untuk mempelajari HTML tentunya adalah sebuah browser, seperti yang Anda gunakan untuk membuka artikel ini.
Anda dapat menggunakan berbagai jenis browser yang biasa digunakan, seperti Mozilla, Chrome, dll.
Untuk aplikasi lain Anda hanya memerlukan editor sederhana yang ada pada Windows, yaitu Notepad. Aplikasi ini dapat Anda buka melalui Start Menu. Tapi, untuk memudahkan Anda mengelola code HTML, kami menyarankan Anda menggunakan Notepad++, yang bisa di download melalui tautan berikut.
editor html
Untuk sistem operasi selain Windows, Anda dapat menggunakan text editor sejenis seperti Pico untuk Linux atau TextEdit untuk Mac.
Jadi untuk mempelajari HTML Anda hanya memerlukan sebuah browser dan text editor saja.
Apakah Perlu Koneksi Internet?
Untuk menjalankan HTML, tidak perlu koneksi internet, kecuali untuk artikel yang sedang Anda baca ini.

2. Pahami Web Browser

Web browser adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses dan menampilkan halaman website.
Untuk halaman website biasanya dibuat dengan HTML, XML dan lainnya.
Browser akan menerjemahkan sebuah halaman website yang dikirimkan melalui HTTP (Hypertext Transfer Protocol) ke dalam tampilan yang dipahami manusia.
Meskipun setiap web browser memiliki fitur dan tampilan yang berbeda, tapi untuk fungsi secara umum sama.

3. Sejarah HTML

HTML dibuat pada tahun 1990 oleh seorang ilmuan yang bernama Tim Berners-Lee. Tujuan awal dibuatnya HTML ini untuk memudahkan para ilmuan ketika akan mengakses dokumen mereka satu sama lain.
Ternyata hasilnya lebih dari yang dibayangkannya, HTML menjadi pondasi untuk website seperti yang dikenal saat ini.
HTML adalah sebuah bahasa markup standar singkatan dari Hyper Text Markup Language. Dengan HTML memungkinakan Anda untuk menampilkan informasi di internet.
Browser akan menampilkan code HTML dengan tampilan seperti yang Anda baca saat ini, untuk melihat code HTML silakan klik kanan kemudian pilih View page source (ctrl+u).
belajar html dasar
Melalui tutorial ini akan membuat struktur HTML yang tidak jauh berbeda seperti code tersebut. HTML adalah bagian penting untuk membuat website dan mudah dipelajari.

4. Pahami Element, Tag, dan Attribut

Element pada HTML membentuk sebuah struktur dan memberitahu browser untuk halaman website yang akan ditampilkan. Biasanya untuk element terdiri dari tag pembukakonten, dan tag penutup.
contoh element
Tag sendiri digunakan untuk menandai sebuah element pada bagian awal dan akhir, dengan format yang sama diawali dengan tanda < dan ditutup dengan >.
Jika dibedakan, untuk tag terdapat dua jenis, yaitu tag pembuka  dan tag penutup 

Referensi:
https://www.w3schools.com/html
http://html.net/tutorials/html
https://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-html-dasar-untuk-pemula
https://developer.mozilla.org/en-US/docs/Learn/HTML/Introduction_to_HTML

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) akan dihapus otomatis oleh administrator blog.