Jalan-Jalan ke Pasar Tradisional di Bali

Jalan-jalan ke tempat wisata seperti pantai, pusat perbelanjaan semacam mall, restoran, taman hiburan, museum, dan sejenisnya, itu sudah sangat biasa. Cobalah, sesekali wisata ke tempat yang belum banyak dijadikan destinasi wisata, tetapi memiliki daya tarik tertentu. Sehingga Anda tetap mendapat nilai jalan-jalan yang mengasyikan dan bermanfaat. Kemanakah itu? Mengapa tidak mencoba berwisata ke pasar-pasar tradisional?

Pasar tradisional banyak yang memiliki keunikan tersediri, bahkan beberapa turis mancanegara gemar blusukan ke pasar tradisional di Indonesia. Jadi jangan ragu buat sesekali membuat jadwal wisata ke pasar tradisional, Anda bisa memilih pasar-pasar tradisional di Bali dekat wilayah Sanur.

Berlibur ke Bali tentunya tak cukup hanya satu hari, maka penginapan / hotel menjadi kebutuhan utama liburan Anda. Salah satu rekomendasi penginapan yang menarik adalah Inna Grand Bali Beach. Hotel bintang lima ini terletak di Jalan Hang Tuah, Sanur. Posisinya cukup menarik karena sangat dekat dengan Pantai Sanur, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan laut dan semua aktivitas budaya yang mengagumkan setiap saat. 

Jalan-Jalan  ke Pasar Tradisional di Bali

Sumber gambar: grandinnabalibeach.com

Agar liburan Anda semakin nyaman dan menyenangkan, sebaiknya booking penginapan jauh-jauh hari melalui salah satu online travel agent, yaitu Traveloka. Kelebihan booking hotel jauh-jauh hari akan memudahkan Anda mendapat kamar yang sesuai keinginan dan budget.

Jika musim liburan atau peak season tiba, memesan secara mendadak akan membuat Anda mengambil resiko buruk, seperti dapat kamar sisa yang tidak sesuai. Apalagi jika memesan secara go show, kemungkinan tidak dapat kamar lebih besar, selain capek wara-wiri hunting penginapan.

Nah, untuk wisata ke pasar-pasar tradisional sendiri, tidak perlu ada persiapan khusus. Sebelum Anda booking hotel, mencari info lebih dahulu pasar tradisional apa saja yang menarik untuk dikunjungi di seputar Sanur Bali. Sehingga setelah mendapat tujuan yang jelas, booking hotel tinggal klik. Persiapan lainnya, jangan lupa bawa kamera yang bisa  menghasilkan foto bagus. Selebihnya bawa perlengkapan standart saja.

Pasar Sindhu
Sebenarnya Pasar Sindu yang terletak di Jalan Pasar Sindu- Sanur juga bernama Pasar Ramah dan Segar. Jika Anda memutuskan untuk jalan-jalan ke pasar ini, akan terlihat kios-kios pasar tradisional yang sudah tertata rapi dan bersih. Di sini yang dijual sayur-mayur, daging, dan kebutuhan sehari-hari dengan harga bisa ditawar. Cocok dinamakan Pasar Ramah dan Segar karena pedagangnya ramah, dagangan sayur dan daging yang di jual segar.

Jalan-Jalan  ke Pasar Tradisional di Bali

Sumber gambar: kompasiana.com

Kondisi pasar yang bersih dan tidak bau adalah beberapa kelebihan dan keunikan Pasar  Sindu, meskipun tergolong pasar tradisional. Di kawasaan tersebut dipenuhi wangi dupa yang berasal dari sesajen. Anda bisa melihat sajen  yang diletakkan di tiang-tiang pada setiap kios, juga terdapat tempat sembahyang pada pedagang di sudut pasar. Keunikan Pasar Sindu ini membuat wisatawan mancanegara banyak berdatangan.
Kelebihan lain, Pasar Sindu ternyata terbagi dua shif, yaitu pasar pagi yang buka sampai pukul dua belas siang dan pasar malam yang buka pukul enam sore hingga sepuluh malam. Di malam hari yang buka pedagang jajanan kaki lima, ada sate, otak-otak, dan lain-lain. Tentu saja dengan harga ramah di kantong.

Sanur Morning Market
Sesuai dengan namanya Sanur Morning Market, pasar tradisional ini bagus dikunjungi pagi hari. Pasar yang terletak di Jalan Danau Tamblingan - Sanur menjual kebutuhan sehari-hari, termasuk jajan pasar khas Bali. Konsep pasarnya mirip dengan Pasar Sindu, bersih dan sudah dibangun kios-kios yang membuat pengunjung pasar merasa nyaman. Para pedagang di sini cukup ramah sehingga tawar-menawar berjalan dengan baik.

Pasar Pantai Sindhu
Lokasi Pasar Pantai Sindhu berada di Jalan Segara Ayu – Sanur, dekat dengan tempat wisata Pantai Sindhunata. Pasar ini cocok sekali bagi Anda yang ingin shopping untuk keperluan pribadi maupun oleh-oleh. Karena di Pasar Sindhu banyak dijual baju, aksesoris, sandal atau sepatu, yang semuanya khas etnik Bali. Soal harga, tentu saja dapat ditawar sesuai kesepakatan, namanya juga pasar. Pokoknya harganya low budget sekali deh.

Pasar Kumbasari
Pasar Kumbasari adalah pasar terbesar di Bali yang wajib Anda kunjungi dalam agenda wisata jalan-jalan ke pasar tradisional Bali. Pasar ini terletak di Jalan Gajah Mada – Denpasar. Saat memasuki area pasar terlihat ada gapura besar yang dibuat dengan sentuhan seni khas Bali. Sementara bangunan di dalamnya memiliki dua lantai, membuat pasar tradisional ini terkesan megah dan bersih.

Jalan-Jalan  ke Pasar Tradisional di Bali

Sumber gambar: coba-liat.blogspot.co.id

Di Pasar Kumbasari menjual bahan kebutuhan pokok sampai karya seni, aneka cindera mata, barang-barang khas Bali lainnya. Harganya ternyata jauh lebih murah dari pasar tradisional lain di Bali, jadi puas-puasin belanja oleh-oleh di sini. Selain belanja, bisa sekalian cuci mata melihat beragam karya seni khas Bali yang banyak di jual di Pasar Kumbasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I'm believe that feedbacks and suggestions of service users are part of trigger for me for moving forward to better direction. Submit Questions, Suggestions and Feedback to me through this form.