Catatan Pemira UB 2014 (AKTIF)

Sudah dua tahun saya mengikuti Pemira (Pemilihan Mahasiswa Raya) di Universitas Brawijaya. Posisi saya bukan sebagai panitia, ataupun kandidat yang ikut bertarung, namun saya hanya sebagai pemilih biasa yang mengikuti pemira mulai dari proses kampanye, pemilihan, hingga perhitungan suara, (bak pengamat politik kampus :D). 

Masih ingat tulisan saya tentang "Catatan Pemira UB 2013"?. kali ini saya akan kembali memaparkan beberapa hasil pengamatan yang saya beri judul "Catatan Pemira UB 2014". Semoga bermanfaat. 

Dua Capres EM Berasal dari Kota yang Sama
Pemira tahun ini mengusung tagline "Pemira AKTIF" (Aspiratif, Kontributif, Transparan, Independen, Profesional). Seperti tahun sebelumnya,hanya ada dua yang merupakan calon presiden (capres) EM. Keduanya pun berasal dari satu kota yang sama. Reza Adi Pratama (FP 2011) dan M.Syahril Mubarok (FEB 2011) merupakan mahasiswa Universitas Brawijaya asal Bekasi.

Reza Adi Pratama dan M. Syahril Mubarok merupakan mahasiswa asal Bekasi
sumber : twitter @rzadipratama

Reza Adi Pratama, Presiden Baru UB 2015
Kemenangan telak yang diraih oleh Reza tak terlepas dari gaya kampanye tim suksesnya yang terbilang cukup kreatif. Capres no. urut satu ini juga membuat website di http://ayoberangkat.com/. Hasil fit and proper test juga menunjukkan Reza lebih unggul dari kandidat lainnya. 

Reza berhasil meraih 8.240 suara dari total suara sebanyak 13.585 suara Capres EM. Sedangkan Syahril hanya meraih 3.989 suara. Dari 24 TPS yang ada, Reza hanya kalah di 3 TPS, yaitu TPS 13, 14, 15 yang merupakan TPS FH dan TPS FEB. 
Reza Adi Pratama, Presiden Baru UB 2015
sumber : twitter @PEMIRAUB14

Abyan, Wakil PTIIK Bertengger di Posisi Runner Up DPM Pusat
Selain memilih untuk Presiden EM, Pemira UB juga bertujuan untuk memilih anggota DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa). Dari 21 calon DPM akan dipilih 13 orang saja untuk menjadi anggota DPM. Mahasiswa PTIIK sukses menunjukkan kesolid-annya setelah Muhammad Abiyan Safitra, calon DPM nomor urut 13 yang diusung Keluarga Besar Mahasiswa Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (KBMTIIK) sukses menduduki peringkat ke dua dalam perolehan suara di Pemira 2014. 

Abyan berhasil meraih 1.149 suara. Sementara posisi pertama diraih oleh RIZKY EMIRDHANI dari FISIP yang sukses meraih 1.298 suara. Namun rekor suara terbanyak untuk anggota DPM masih dipegang oleh Ganjar Prima Anggara dimana berhasil mengumpulkan 2.152 suara di Pemira 2013 lalu. Yang menarik dari dua pemira yang saya amati adalah calon DPM yang secara fisik berwajah "ganteng" selalu menjadi peringkat pertama di perolehan suara calon DPM. 

sumber : twitter @PEMIRAUB14

PTIIK Cetak Rekor Lumbung Suara Pemira 2014.
Kemenangan Abyan di Pemira DPM Pusat dapat dibilang mutlak di kandang sendiri. Dari 1288 total suara di PTIIK, 84% diraih Abyan. PTIIK adalah fakultas dengan daftar pemilih terbanyak pada pemira kali ini. Fakultas yang memiliki suara terbanyak kedua adalah Fakultas Kedokteran(FK), dengan 1278 suara, terpaut tipis 10 suara dari peringkat pertama. Kemudian disusul oleh Fakultas Teknik di posisi ketiga dengan 1210 suara,  Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) di posisi keempat dengan 1150 suara dan di posisi kelima ditempati oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dengan 1131 suara. Meski sebagai lumbung suara, namun ternyata masih banyak mahasiswa PTIIK yang golput. Dari 4000 mahasiswa PTIIK, jumlah yang golput sebanyak 2.712 orang. 

Pemira UB, Terbesar se-Indonesia
Menurut Pembantu Rektor III UB, Total pemilih dalam Pemira UB tahun ini yakni 13.599 merupakan jumlah terbesar dalam catatan pemilihan mahasiswa yang pernah dilaksanakan oleh seluruh pergururan tinggi di Indonesia. Meski begitu pemira tahun ini sedikit mengalami penuruan jika dibandingkan dengan pemira tahun sebelumnya yang diikuti oleh 14.079 pemilih. 

Hasil Perhitungan Suara Pemira UB 2014
sumber : dok. pribadi (@gusti8official)


4 komentar

Tahun berikutnya elo nyalonin, dong. Haha. Btw, ini se UB aja ya? Tapi kok ajib bener sampai bikin 24 TPS.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) akan dihapus otomatis oleh administrator blog.