Sudahkah diri ini Merdeka?

Andai saya sudah terlahir pada saat negara ini di Proklamirkan 17 Agustus 1945. Rasanya tidak cukup untuk melukiskan kebahagiaan masyarakat saat itu dalam sebuah kata "Merdeka".

Kemarin, Seluruh warga Indonesia kembali merayakan hari kemerdekaannya yang ke-69. Merayakan dengan seremonial upacara bendera, pesta rakyat dengan berbagai lomba. 

Dibanyak tempat hari-hari ini berjalan kosong begitu saja, termasuk di desa saya, animo menyambut hari kemerdekaan sangat minim, bahkan sepertinya tidak ada rencana merayakan 17 agustus. Hanya menyaksikan orang lain yang merayakannya di TV. 

17 AGUSTUS
MERDEKA!!!!


Saya kembali bertanya pada diri sendiri.. sudahkah diri ini merdeka? 

Sudahkah kita Merdeka dari pacar yang posesif? Merdeka dari boss yang killer? merdeka dari jeratan hutang? Merdeka dari belenggu orang tua yang nggak membebaskan kamu memilih jurusan yang kamu inginkan? Merdeka dalam menentukan pilihan saat pilpres, tanpa intimidasi? Atau merdeka dari sistem birokrat yang korup sehingga kamu, pegawai jujur, stress di dalamnya mau nggak mau jadi ikutan atau pura-pura tidak tahu? Merdeka dari tetangga yang suka bakar sampah sembarangan hingga asapnya mengganggu rumahmu? Merdeka dari calon mertua yang tak kunjung membuka pintu restu meminang anaknya? Merdeka minum air putih tanpa bayar? Merdeka dari kemacetan? Merdeka mendapatkan pendidikan dan pembangunan yang sama dengan teman-teman di Pulau Jawa? Atau yang sederhana saja… merdeka untuk bisa hidup layak.. makan minum tanpa harus berkejaran dengan rasa lapar yang amat sangat?


Dirgahayu Indonesiaku…

"Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepada kamu, Tapi tanyakan apa yang kamu berikan pada negara kamu" - John F Keneddy 

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” ~ Soekarno ~.

8 komentar:

  1. Keren udah pake source2 gitu walau cuma gambar, suka :)

    BalasHapus
  2. gambar penutup bener bener fakta tersembunyi haha

    BalasHapus
  3. mari berjuang mencari pak soekarno-hatta :D

    BalasHapus
  4. Mari mengumpulkan pundi-pundi soekarno-hatta agar kita bisa merdeka! yosh.

    BalasHapus
  5. itu menterinya jurusan ipa :D

    BalasHapus
  6. aaaa itdak gue inget dompet gue belum merdekaa :(

    BalasHapus
  7. wkwkwkkk ,, dompet aku merdeka nya kalo pas gajian aja nih mas hihihi

    BalasHapus
  8. sepertinya saya masih berjuang nih... hehe

    BalasHapus

I'm believe that feedbacks and suggestions of service users are part of trigger for me for moving forward to better direction. Submit Questions, Suggestions and Feedback to me through this form.