Putri Kartini dan Dodo Pandin


Selamat Hari Kartini buat seluruh wanita-wanita hebat Indonesia.. 

Berbicara tentang Hari Kartini, saya pasti akan mengingat (#MenolakLupa) sebuah fenomena yang langkah dan itu terjadi 2 tahun yang lalu, tepatnya pada perayaan Hari Kartini tahun 2012.

Waktu itu aku masih duduk di kelas 2 SMA, dan sekolahku memperingati Hari Kartini dengan mengadakan event Pemilihan Putri Kartini dan Dodo – Pandin Smansa 2012. Ini sudah menjadi event tahunan yg diselenggarakan sekolahku, tapi nggak tau apa masih berlanjut sampai sekarang. Btw, Dodo-Pandin (Putra-Putri) is like Batavian : Abang-None, Makassar : Daeng-Dara, etc.

Singkat cerita, saya yang menjadi salah satu peserta mewakili kelas saya (Reiga). entah kemasukan angin apa waktu itu, kenapa tiba-tiba ikut, padahal aku orangnya pemalu banget. *hening*

Nih foto-foto kita kemarin.  

Gustian Ri'pi  - Pemilihan Putri Kartini dan Dodo – Pandin Smansa 2012
aku - liska - lystra
Sebenarnya kostum yg aku gunakan itu bukan baju adat Toraja, cuman sering digunakan kaum Pria di Toraja terutama saat pesta pernikahan. Yang dikepala aku seperti mahkota itu namanya bika' (kalo gak salah) .

Peserta yang ini menggunakan baju adat Toraja murni. Yang wanita memakai baju namanya Baju Pokko' berupa baju dengan lengan yang pendek dilengkapi dengan asesoris kandaure. Sedangkan yang pria memakai seppa tallung buku berupa celana yang panjangnya sampai dilutut. dan dikepalanya terdapat kain yg dililit namanya lipa'.

Pemilihan Putri Kartini dan Dodo – Pandin Smansa 2012
Pemilihan Putri Kartini dan Dodo – Pandin Smansa 2012
Gustian Ri'pi  - Pemilihan Putri Kartini dan Dodo – Pandin Smansa 2012
ceritanya aku lagi berjalan di cat walk

Gustian Ri'pi - Pemilihan Putri Kartini dan Dodo – Pandin Smansa 2012

Pemilihan Putri Kartini dan Dodo – Pandin Smansa 2012
Gustian Ri'pi - Pemilihan Putri Kartini dan Dodo – Pandin Smansa 2012
Foto bareng sama Reiga.
Pemilihan Putri Kartini dan Dodo – Pandin Smansa 2012
Peserta Putri Kartini
Para peserta Putri Kartini dan Dodo-Pandin yang gagah-gagah dan cantik-cantik ini diuji kemampuan berbahasa Inggris dan peragakan busana di atas cat walk. Disini tata cara berbusana adat Toraja, paham motif-motif budaya yang melekat diatribut pakaian serta kemampuan pribadi menjadi satu rangkaian penilaian juri untuk menentukan pemenang. 

Nah ini dia Pemenang Putri Kartini dan Dodo-Pandin SMANSA 2012.

Dodo - Pandin Smansa Makale 2012
ini udah co cweet belum?


Pemenang Putri Kartini dan Dodo – Pandin Smansa 2012

Tapi kok aku gak ada di situ ya? oiya, lupa. Ternyata kemarin itu aku gak menang. hihihi.. *hening*. 

Berikutnya ini adalah Pemenang Putri Kartini dan Dodo-Pandin SMANSA 2013.#numpangNongol

 
Yang mereka pegang seperti keris itu namanya Gayang . Kalau kalia perhatikan kostum peserta diatas banyak yg dominan warna kuning cerah. karena memang warna kuning, merah, dan putih adalah warna yang paling sering mendominasi pakaian adat Toraja.

14 komentar:

  1. Eh ada mas dodo, kapan menang mas...#akurapopo

    BalasHapus
  2. pemenangnya ganteng tu.. titip salam ya *gagal fokus

    BalasHapus
  3. Yang saya heran itu, sebagian besar yang berbusana daerah hanya siswa-siswinya, sedangkan guru-guru dan staf-staf yang lain tidak. Ini tidak adil... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. pemimpin ygg ideal itu harus memberikan contoh yg baik. menjadi penggerak .

      Hapus
  4. Wah, jadi keinget waktu SD ya ada acara begini setiap kali kartinian. Habis kuliah, udah lama banget ngga dandan-dandan hihihi
    Itu kamu ikut juga, Gus? yang mana fotonmu? Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah, emang ngangenin ya masa2 kayak gini..
      tuh aku udah kasih keterangan fotonya

      Hapus
  5. gak menang ya ? :D sabar.. itu hanya faktor alam..

    BalasHapus
  6. hehe keren-keren juga tuh kostum nya, khususnya yang menang. eh tapi lo ga menang ya? hehe sabar aja deh

    BalasHapus
  7. Wihh seru juga ya ada acara kaya gitu, disekolah menengah atas lagi :D
    Biasanyakan biasanya kan acara kartinya cuma di sekolah dasar. Haha

    yahh gak menang ya? Biarin deh.
    Kalah adalah kemenangan yang tertunda :D

    BalasHapus
  8. wahh seru ya dirayain gitu._____. jadi ngiri-,-

    BalasHapus

I'm believe that feedbacks and suggestions of service users are part of trigger for me for moving forward to better direction. Submit Questions, Suggestions and Feedback to me through this form.