Mengenang Tragedi "Konyol" UN 2013


Woo, udah bulan april. Itu artinya enam hari lagi saya akan UTS sob, trus delapan hari lagi bangsa kita akan menggelar Pemilihan Umum,  dan yg paling "mengerikan" H-13 menuju UN buat adek2 angkatan 2014, hehee.


Hari ini, 1 April merupakan HUT Kota Malang yang ke-100. Tamales ngalu nuhat kota ngalam.  Itreng kadit?. hehe *BosoWalikan*. Dirgahayu bumi arema kota perantauanku. semoga Malang lebih maju dalam segala aspek dan tetap memberikan kenyamanan bagi kami penghuninya, semoga Jalur menuju kampusku gak ruwet lagi.. #Malang1Abad ditunggu traktirannya ya.. haha

HUT KOTA MALANG KE-100, MALANG SATU ABAD

Hari ini saya mau bernostalgia dengan UN (Uji Nyali Ujian Nasional). Sebagai mantan anak SMA yang paling unyu se-indonesia, saya juga pernah merasakan detik-detik kejamnya Ujian Nasional di negeri ini. UN 2013, yg konon disebut sebagai Ujian Terburuk sepanjang Masa! Maybe..

Bagaimana tidak, baru tahun itu dimana ujian nasional tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/MA/SMALB/SMK di Indonesia tak digelar serentak. Kalo gak serentak bukan lagi nasional dong namanya. Dan entah kenapa peristiwa itu terjadi pas di angkatan saya dan tahun itu juga dibuat variasi soal sebanyak 20 paket. 

Tercatat ada 11 provinsi yang pelaksanaan Ujiannya harus diundur dari jadwal yang telah ditentukan. Salah satunya adalah Provinsi Sulawesi Selatan, tempat dimana saya mengikuti Ujian Nasional.

Ini sangat mengganggu semangat dan mental peserta UN. Disaat sudah mempersiapkan diri ikut UN, mendadak harus dibatalkan karena masalah teknis. Bahkan konyolnya, di beberapa sekolah ditemui masalah yg paling absurd. Soal yg tertukar, Lembar Jawaban yg mudah sobek, hinggah mereka memakai lembar jawaban manual dan soal fotocopyan. Ada juga yg menggunakan soal operan dari sekolah terdekat, jadi jam masuk mereka terpaksa diundur lagi karena masih menunggu bekas soal dari sekolah lain.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat mengklarifikasi masalah ini. Mereka berasalan proses pengepakan soal di percetakan mengalami kendala sehingga proses pendistribusian soal terganggu yang berujung terlambat sampai di beberapa sekolah.

Open your eyes pak Nuh!. Ini menunjukkan manajemen yang buruk dari Kementerian anda. Kejadian ini jelas mencoreng dunia pendidikan Indonesia. Kalau masalah pendidikan saja tak mampu dibenahi para pemimpin, mau berharap apa negeri ini pada anak bangsa. Ingat, kunci memajukan indonesia pada Manusianya, dan disini pendidikan adalah kunci!

Jangan sampai kejadian ini terulang kembali. Buat Presiden yg terpilih di Pilpres mendatang, mohon supaya Menteri Pendidikan di kabinet anda diisi oleh orang-orang berkompeten dan mengerti masalah Pendidikan.

Selamat megikuti Ujian Nasional bagi peserta UN 2014. Jangan nyontek yaa! Good Luck.

22 komentar:

  1. Sebagai siswa yang bakal ngadepin UN tahun ini, gue berharap juga semoga nggak kisruh pelaksanaannya. Btw, kok jadi deg-degan :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdoa dan berusaha aja, semoga hasilnya memuaskan.. rileks! :)

      Hapus
    2. semoga UN lancar mas...

      Hapus
  2. Yap. Semoga aja tahun ini lebih lancar. :)

    BalasHapus
  3. Momen UN memang menjadi penentu pendidikan di Indonesia. Bagaikan Momok!!! Kunjungan balik gan... kapan ke jogja. HUbungi saya, siap membantu sesama blogger...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm. moga penghuni kemendikbud di thn yg akan datang dihuni org2 yg berkompeten.
      .. terima kasih :)

      Hapus
  4. Sudah nasib…siswa dan pelajar seluruh indonesia,,,masa depannya berada ditangan seorang mentri yang tak jelas asal usulnya dalam dunia pendidikan,,,dengan manajemen yang amburadul……, sekarang..tergantung kepada kita sendiri…apakah masih mau memilih partai di mana mentri itu bernaung…atau memilih partai lain yang lebih segar……atau sekalian saja jangan memilih……., semoga saja siswa dan pelajar di UAS tahun 2014..tidak mengalami hal yang sama seperti yang pernah terjadi di UN tahun 2013….tapi kenapa saya jadi ragu ya……….. ,
    Keep happy blogging always…salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali pak. Jangan lg memilih mereka yg tidak jelas asal-usulnya. Btw, seandainya pak Anies Baswedan bisa terpilih menjadi presiden, kita akan punya harapan yg baik dengan pendidikan indonesia, dia punya gebrakan yg bagus di dunia pedidikan secara gitu dia memang backroundnya dari pendidikan... kalo ga terpilih, moga2 capres yg terpilih merekrut mas Anies jadi Menteri Pendidikan... hitung2 syg sekali ide mas Anies ini kalo ga dimanfaatkan negara...

      Salam dari Malang Pak :)

      Hapus
  5. Biasanya masih ada contek menyontek :D ya, semoga sistem pendidikan di Indonesia semakin baik dan seenggaknya sejajar dengan negara2 maju. Sukses UN!

    BalasHapus
  6. wah pas kebagian UN yg carut marut? haha *peace*
    tapi jadi berkesan lebih yaaaa, hehe

    BalasHapus
  7. UN tahun saya lancar2 saja

    BalasHapus
  8. pendidikan itu investasi masa depan, harusnya dipermudah ya karena nanti pasti bakal menguntungkan dan memajukan negara juga. semoga sistem pendidikan terus dibenahi supaya makin baik kedepannya.

    BalasHapus
  9. Waah kita ternyata seangkatan, dan aku juga merasakan apa yang kamu rasa hhe.
    Merasakan ujian yang diundur yang membuat semangat menjadi berkurang.

    BalasHapus
  10. Wah baru tau soal ini, ternyata ada kejadian seperti itu ya? Ahh, aku gk update dong nih T_T

    semoga ditahun ini, UN (yg tinggal beberapa hari lg) gak kejadian kaya gtu lagi. Dan smoga smuanya LULUS 100%
    Amin~^

    BalasHapus
  11. UN pling spesial dlam sejarah indonesia :D

    BalasHapus
  12. Semoga tahun ini lebih baik UNnya

    BalasHapus
  13. Aamiin... semoga lancar jaya UN-nya.

    BalasHapus
  14. Wah disini banyak yang seangkatan ternyata. Haha. Prihatin juga sih setelah baca ini dan renungin beberapa hal yang bener adanya. Kacau, tapi nggak ada perubahan kalau gue sebagai manusia bisanya protes. Semoga UN tahun ini bisa lebih baik dan bawa nama bangsa :D

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. SMA udh selesai UN, ntar gue deh yg SMP nyusul. Aelah. :"

    BalasHapus
  17. wahhh aku angkatan 2014 nih :D
    standar PISA alias soal international

    BalasHapus

I'm believe that feedbacks and suggestions of service users are part of trigger for me for moving forward to better direction. Submit Questions, Suggestions and Feedback to me through this form.