Melampaui Mimpi

Sebelum mambaca postingan ini pastikan lo udah punya akun twitter biar lebih afdol sob. Kalo belum sih gapapa, lanjutin baca aja gpp sob. kasian udah habisin kuota buat buka blognya masa di close lagi, wkwk.

Disini Saya akan membahas sebuah akun Twitter yg menurut saya sangat inspiratif banget. Dia adalah...

Susanna.. *eh maaf
#ulang,
Dia adalah..

@aniesbaswedan

"Anak muda memang minim pengalaman, maka ia tak menawarkan masa lalu. Anak muda menawarkan masa depan."

Itulah salah satu kicauan Anies Baswedan pada 28 Oktober 2012 yang di-retweet sebanyak 651 kali, dan 97 orang menandainya sebagai favorit. Tentu masih banyak lagi gagasan inspiratif dari Anies Baswedan hingga membuat penulis Syafiq Basri menulisnya dalam sebuah buku. Tweet-tweet tersebut dapat ditemukan di dalam buku berjudul "Melampaui Mimpi".

Buku Melampaui Mimpi - Anies Baswedan

Buku pertama tentang Anies Baswedan ini berisi sejarah singkat Anies dan ratusan kicauannya yang inspiratif di Twitter. Buku ini juga mengungkapkan alasan mengapa tokoh seperti Goenawan Mohamad, Najwa Shihab, John Riyadi (Lippo), Yunarto Wijaya, Hanta Yuda, dan Priyo Budi Santoso ikut mem-follow akun Anies di Twitter. Termasuk mantan wapres Jusuf Kalla, dan Mendikbud Mohammad Nuh.

Menurut Syafiq Basri, Alasan terbanyak orang mengikuti akun @aniesbaswedan adalah karena mayoritas tweet Anies sangat menggugah, dan penuh optimisme dan inspirasi. Twitter memang media sosial yang menantang. Kita ditantang untuk mengungkapkan 'what is happening' atau apa saja yang ada dalam benak kita secara singkat, dalam 140 karakter. "Biasanya saya menulis karena hati, perasaan saya, ingin mengutarakan sesuatu; tidak terlalu banyak dipikir" kata Anies.

Pada 3 Januari 2014 lalu, sebuah ucapan Anies yang dikutip oleh akun @MataNajwa mendapat retweet sebanyak 1.828 kali dan lebih dari 300 favorit, jauh di atas ungkapan tokoh lain yang juga dikutip @MataNajwa. Ucapan yang disampaikan Anies pada acara Mata Najwa episode Penebar Inspirasi 1 Januari 2014 itu berbunyi begini:
"Pemimpin itu harus tulus. Ketika dipuji dia tdk terbang, ketika dicaci dia tdk tumbang."

Menariknya lagi, Anies juga menegaskan bahwa ia sendirilah yang mengelola akun Twitternya, dan tidak menyerahkan kepada orang lain atau asisten pribadi. "Jariku adminku," katanya. Asiik benget..


Siapakah sosok Anies Baswedan? pengen tahu? lanjutkan bacanya sampai akhir yah..

Anies Baswedan

Dia adalah Rektor di Universitas Paramadina. Salah satu akademisi yang selalu memperjuangkan kemajuan pendidikan di Indonesia. Seperti dengan mendirikan Gerakan Indonesia Mengajar, Kelas Inspirasi, dan Indonesia Menyala. Berbagai penghargaan Internasional pun telah ia terima, seperti Top 100 Public Intellectuals. Ia merupakan satu-satunya figur dari Indonesia dan Asia Tenggara yang masuk dalam daftar 100 intelektual dunia; World’s 20 Future Figure dari Majalah Foresight yaitu 20 orang yang diprediksi akan mengubah dunia dalam 20 tahun yang akan datang; Juga sebagai salah satu dari 500 orang Muslim yg dianggap berpengaruh di dunia.

Meski mas Anies sudah nyaman berada di lingkungan akademisi yang penuh dengan tepuk tangan, penuh dengan puji-pujian, Dia malah memilih keluar dari zona nyaman itu dan terjun ke dunia politik yg bagi banyak orang dianggap "kotor", dengan mengikuti proses Konvensi Capres Demokrat. Anies berkata bahwa “Indonesia ini milik kita semua, masalah yg ada adalah masalah kita bersama”. Karena itu Anies merasa terpanggil untuk turun tangan melunasi masalah yg ada pd bangsa ini.

Sosok Anies Baswedan
Anies Baswedan Harapan Untuk Indonesia

Pemimpin muda ini mengajak semua orang turun tangan bersamanya. Relawan Turun Tangan yg mendukungnya bukan karena dibayar. karena itu mereka menyebutnya  Relawan Nol Rupiah.

Menurut saya orang seperti inilah yg dibutuhkan Indonesia. Karena kapan lagi kita akan melihat Indonesia yg maju kalo terus di pimpin oleh orang2 "bermasalah". Orang baik perlu kita dorong untuk terjun ke dunia politik. Mengapa?, karena politik itu sangat penting dan ikut berpengaruh terhadap bidang lainnya (pendidikan, ekonomi, hukum, keamanan, social, budaya). Dan Bukan hanya mas Anies, saya yakin diluar sana masih banyak tokoh2 baik lainnya yang butuh dukungan kita, jangan kita diamkan.

Hal yang menarik dari Anies adalah wawasan dan inisiatifnya luas dan dalam. Dia mengajak dan memotivasi orang, khusunya anak muda untuk tidak hanya bermimpi, atau berangan-angan, tetapi benar-benar bekerja, turun tangan, dan melampaui mimpi mereka.

Anies Baswedan mengajak ribuan orang lain yg tergabung dalam Relawan Turun Tangan untuk ikut memikul masalah bersama dan mencari penyelesaiannya bersama-sama pula. Bukan hanya pandai protes, memaki atau mencela, tanpa berbuat apa-apa. "Lebih baik menyalakan lilin, daripada mengutuk kegelapan." . Ia memotivasi orang untuk melampaui mimpi mereka. "Bisa melihat perubahan itu biasa; bisa membuat perubahan itu baru keren," Kata penutup tulisan ini yg keren banget dari mas Anies.


Sumber gambar dan referensi :

Teman-teman punya pandangan atau pendapat lain tentang sosok mas Anies?? silahkan berkomentar dibawah..

31 komentar:

  1. Anies Baswedan memang salah satu tokoh inspiratif yang namanya sedang naik daun. Tapi untuk capres tahun 2014, saya punya pilihan lain. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Anies Baswedan sosok yg menyalakan harapan, menyuarakan nurani & menggiatkan kepedulian. Alasan apa lagi tidak mendukungnya? :)

      Hapus
  2. suka banget sama bapak satu ini... penggagas Indonesia mengajar...suka ama quotenya...walau minim pengalaman...HIDUP ANAK MUDA!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob, hebat meski bukan Superman. Tapi bisa menggerakkan sarjana terbaik bangsa untuk ikut sumbang tenaga mengatasi masalah pendidikan

      Hapus
  3. semoga jika beliau terpilih, beliau memberikan yang terbaik untuk memimpin negeri ini.
    amiin.
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, mari kita turuntangan meemberikan dukungan buat beliau :)

      Hapus
  4. beliau memang bagus sebg panutan bangsa terutma bagi anak muda,. tp untuk pilihan capres saya juga punya pilihn sndiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm iya. bisa menjadi inspirator buat anak muda yg kerap bersikap pesimis ;}

      Hapus
  5. gue juga ngefans sama pak anies baswedan. dan berharap dia bisa duduk di kursi pemerintahan, membantu menyelesaikan berbagai permasalahan indonesia yang semakin kayak benang kusut. tapi untuk capres saya punya pilihan sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciee ngefans.. doakan semoga si doi lolos konvensi. mari ikut turuntangan ;}

      Hapus
  6. suka banget n pengen banget jadi bagian indonesia mengajarnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue jg kepengen.. mas anies bisa menggerakkan sarjana terbaik bangsa untuk imengajar di pelosok2, hebat :}

      Hapus
  7. gue suka kata-kata tentang anak muda, keren gan :)
    salam anak muda

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam. HADAPI!
      anak muda harus peduli tentang politik/pemerintahan dan pentingnya kita semua terlibat secara positif ;}

      Hapus
  8. Balasan
    1. makasih sob, yuk ikut turuntangan :}

      Hapus
  9. jadi pengen baca bukunya, kereeen nih orang pas di penebar senyuman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerend banget, Beliau bisa mengungkap hal-hal sederhana menjadi 1 kalimat inspiratif. aku juga lg nyari2 bukunya

      Hapus
  10. Moga pak Anis bisa menang di konvensi yah... Biar bisa benahin tuh si langit biru

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin. doakan saja sob. dan ikut turun tangan ;}

      Hapus
  11. Setuju nih! Gue suka model-model kayak pak Anies, tapi gue punya pilihan lain haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jangan kita mendiamkan org2 baik seperti beliau. model2 inilah yg dibutuhkan bangsa kita sekarang.

      Hapus
  12. Wih, lagi turun tangan nih gus? Huehehe. Semoga dia yang lolos di konvensi deh, kesempatan itu pasti ada. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bro,, orang baik perlu kita dukung. dan saya yakini beliau adalah orang yang tepat untuk mengubah permainan, semoga :}

      Hapus
  13. Semoga aja di konvensi demokrat beliau bisa terpilih. Jangan yang busuk yang maju. Teriak "TIDAK!" tapi nyatanya berkebalikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, saya percaya mas Anies adalah orang yang tepat untuk mengubah permainan politik Indonesia

      Hapus
  14. walaupun negeri ini sedang carut marut dengan berbagai masalah, sosok anies baswedan bisa memberi harapan bahwa Indonesia bisa bangkit. saya juga berharap dia bisa lolos konvensi dari partai demokrat dan jadi presiden :D

    mampir yak
    http://sirajuddinabraham.wordpress.com :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin..Pak Anies punya visi & misi yang mulia. Patut untuk didukung & dibantu utk merealisasikannya

      Hapus
  15. komplit banget post ini. jadi pingin ikut turun tangan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ayo mbak, ikut turuntangan di turuntangan.org :)

      Hapus

I'm believe that feedbacks and suggestions of service users are part of trigger for me for moving forward to better direction. Submit Questions, Suggestions and Feedback to me through this form.