Mengartikan kembali defenisi Hacking


Selama ini istilah hacking banyak dihubungkan dengan sebuah tindakan kriminial di dunia "Teknologi Informasi" khususnya jaringan komputer.

Hacking itu sebenarnya apa sih??. Ada yang berpendapat seperti ini :

  • Hacking adalah Tindakan seseorang yang dengan sengaja mengakses server sebuah perusahaan, kemudian mengambil data, atau sekedar mengacak-acak isi website… iiih terlalu serem kayaknya…gak aahhh??
  • Hacking adalah Aktivitas penyusupan ke dalam sebuah system computer atau jaringan dengan tujuan untuk menyalahgunakan atau merusak system yang ada... Masa sih seperti itu???
  • Hacking adalah Mengakses data dengan cara selain dari cara “resmi” yang diberikan oleh penyedia data tersebut…. Apa benar seperti itu???
  • Hacking adalah Kegiatan menerobos program computer milik orang… Yakin seperti ini???
  • Hacking adalah Mempelajari sesuatu dengan keingintahuan yang tinggi, ngutak atik sesuatu… Gak yakin ah???
  • Hacking adalah Seseorang individu ahli teknologi yang memiliki kemampuan untuk mengontrol computer, aplikasi atau situs orang lain tanpa seizin si pemiliknya… gak segitunya kali…???
Jika boleh saya mendefenisikan sedikit tentang hacking; Kalau menurut saya nih : "Hacking adalah suatu aktivitas dari HACKER (so pasti hehe), yaitu orang yg tertarik dan mendalami system operasi computer sehingga mengetahui kelemahan yang ada pada suatu system tetapi tidak memanfaatkan kelemahan tersebut untuk kejahatan. Berbeda dengan CRACKER dimana mereka memasuki system orang lain dengan tujuan tidak baik". beneran gak yah….???

Tapi Hacking tidaklah hanya sekedar proses memahami dan menguasai sebuah program (aplikasi & system operasi computer, termasuk pemrograman). Sebuah buku mengatakan sebenarnya HACKING itu adalah : "Seni dalam memecahkan sebuah masalah (troubleshooting) dengan cara yang lebih baik. Dalam segi apapun dibidang teknologi. Bahkan terkadang cara tersebut sangat unik dan berbeda pada setiap orangnya”. 

Jadi Hacking tidaklah sekedar berhubungan dengan "Teknologi Komputer" atau jaringan computer & internet saja. Termasuk dalam segi hardware computer anda juga dapat menerapkan teknik hacking. Mungkin anda pernah membaca artikel seputar per-hacking-an lainnya; misalnya hacking dibidang komunikasi dan sebagainya. 
 
Lagi belajar Hacking
Nih Lagi belajar Hacking.. hahahahaawww
Ada pepetah mengatakan “Ada 1000 jalan menuju Roma”. Maka hacking adalah proses seseorang yang menemukan jalan ke 1001, 1002, 1003, dst. Hacking juga dapat dikatakan proses seseorang yang melihat sesuatu, yang tidak dapat dilihat oleh orang lain namun sebenarnya yang dilihat tersebut ada. Tapi satu yang pasti hacking adalah proses belajar terus-menerus kapanpun, dimanapun, dalam bentuk apapun, dan bagaimanapun caranya.
Maaf, agak sedikit filosofis.

Yang pasti, apapun defenisinya, minumnya tetap teh botol sosro, Satu hal yg perlu anda ingat bahwa : “Semua resiko akibat berbagai macam tindakan merupakan tanggung jawab anda sendiri”.

Sekian. Mudah-mudahan tulisan ini bisa membantu Anda kembali ke jalan yang benar . Salam olahraga.  

26 komentar:

  1. defenisi lain dari hacking yang pernah gue baca adalah suatu cara membobol atau memaksa masuk kesuatu situs dengan cara merusak firewall atau menerobos dari spot kelemahan situs tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ada namanya White Hat Hacker dan Black Hat Hacker. iiih terlalu serem kayaknya…

      Hapus
  2. gue suka nih "hacking adalah proses belajar terus-menerus kapanpun, dimanapun, dalam bentuk apapun, dan bagaimanapun caranya"
    klo hacking artinya seperti itu maka gue akan terus melakukan hacking:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jd hacking ada dimana-mana :D

      Hapus
  3. andai bisa hacking.. *mikir* hahaha visited kak bastian!:}

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya tipluk :)
      mau hacking hati siapa hayo? :p

      Hapus
  4. gue sih ngga suka ngehack2 jaringan komputer orang.. gue lebih suka ngehack hatinya cewek
    agakagakagaaaaaakkkk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, mau dong diajarin sama omguru :D

      Hapus
  5. "Mudah-mudahan tulisan ini bisa membantu Anda kembali ke jalan yang benar " ini qoutes terakhirnya ngga enak banget, hahaha, tapi kerenlah! salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, hacker ya? salam kenal :D

      Hapus
  6. Kalo yang jahat-jahat itu namanya cracking ya?

    BalasHapus
  7. jadi inget film Hackers 2 - Operation Takedown,
    setelah lihat film itu ane baru nyadar bentuk hacking itu macem2,
    btw, hacking ada karna "tak ada sistem yang sempurna" gan :D
    nice posting, salam blogger :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hacking emang dibutuhkan juga gan,, salam :)

      Hapus
  8. membobol situs (orang lain) dan mengacak" itu jahat banget ya, apalagi jika situs itu sering diakses orang banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlalu serem kayaknya…gak aahhh??

      Hapus
  9. Ah iya, bener nih!. Kalo hacker mah bukan bagian yang jahat2nya, kalo cracker sebaliknya dari hacker. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jd mau jadi cracker atau hacker? :)

      Hapus
  10. katanya kalau hacker cuma ngebobol jaringan tapi gk jahat, kalau yg jahat namanya cracker.. tapi intinya sih ya begitu yaa hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, hacking membobol tdk untuk kejahatan. tapi CRACKER kadang dengan tujuan tidak baik". beneran gak yah….??? yg penting gak membobol hati mbak Ranii :D

      Hapus
  11. hacking itu banyak dilombakan dan hadiahnya luarrr biasa. Bahkan perusahaan sekelas google, facebook, microsoft, dll pasti menggunakan jasa hacker. Bukan untuk mengacak2 produk pesaing tapi untuk mencari celah/bug punya sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, baru tahu saya, trimakasih infonya, sangat bermanfaat.

      Hapus
  12. "Seni dalam memecahkan sebuah masalah (troubleshooting) dengan cara yang lebih baik. Dalam segi apapun dibidang teknologi. Bahkan terkadang cara tersebut sangat unik dan berbeda pada setiap orangnya”"Seni dalam memecahkan sebuah masalah (troubleshooting) dengan cara yang lebih baik. Dalam segi apapun dibidang teknologi. Bahkan terkadang cara tersebut sangat unik dan berbeda pada setiap orangnya” .. hahaha.. definisi yang sangat positif mas... salut.
    Makasih sudah ikut ya. Tercatat sebagai peserta di http://myjavalamp.blogspot.com/2014/01/ga2.html :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama pak, sukses buat give awaynya. ditunggu pengumumannya :D

      Hapus
  13. Oh itu hacking namanya toh......

    #maklum orang kampung, taunya cuma Tackling...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, kata tackling mengingatkan aku sama comic Arie kriting :D

      Hapus

I'm believe that feedbacks and suggestions of service users are part of trigger for me for moving forward to better direction. Submit Questions, Suggestions and Feedback to me through this form.