Review: Jamban Blogger


Saya punya cerita tentang sebuah website kerend nih. Namanya Jamban Blogger dengan alamat URL di http://jambanblogger.com (ceritanya review). #SimakBaikBaikYa *dudukmanis*

Apa itu Jamban Blogger? Kalo ditinjau dari segi politik, ekonomi, dan sisoal budaya, Jamban blogger terdiri dari dua kata, jamban yg artinya tempat buang air; kakus; tandas; paturasan; dan blogger yg artinya orang yang bergelut di dunia blog. Udah bisa kebayang kan apa itu jamban blogger? :D  *Jangan berpikiran yg lain-lain dulu sob.

Jamban Blogger (JB) itu adalah sebuah Forum Blogger Indonesia yang terbentuk sejak 10 Januari 2013. Nah, dalam rangka memeriahkan HUT yg pertama, Jamban Blogger mengadakan Lomba menulis (review) tentang Forum JB ini. Waah, hadiahnya kerend sob, buat kalian yg pengen ikutan bisa baca ketentuannya DISINI.

Jamban Blogger
Banner Jamban Blogger

Forum ini terbentuk atas prakarsa seorang mahasiswa kerend dan baik hati asal Malang bernama Hena Wirasatya, (muji dulu biar dapet juara). Awalnya Saya mengenal forum ini pas blogwalking ke blog tetangga dan nemu banner Jamban Blogger. Namanya yg unik, membuat Saya jadi penasaran dan langsung aja nge-klik banner tersebut. Dalam hitungan detik tanpa loading yg lama, website Jamban blogger pun nongol di depan Saya dengan gagahnya.

Jamban Blogger - Forum Blogger Indonesia
Penampakan Jamban Blogger

Sejak Saya join di forum ini sekitar sebulan yg lalu, Saya merasakan banyak dampak positifnya bagi Blog Si Cadel. Selain bisa sharing tentang dunia blog dan dunia lainnya (yg jelas bukan dunia hitam), Traffic blog si Cadel juga meningkat karena mulai rame pengunjung, jd gak sepi lagi kayak hati ini. *ups.

Menurut Saya Jamban Blogger adalah Forum Blogger Indonesia yg paling keren, dan fasilitasnya lengkap. Disinilah tempatnya para blogger yang budiman, berjiwa luhur, berhati lapang, walaupun bermuka pas-pasan berkumpul dari sabang sampai merauke tanpa memandang suku, agama, ras, usia, gender, dan jenis rambut. Siapapun boleh ikut gabung.

Tampilan webnya yang elegan dan ringan ditambah dengan keramahan membernya membuat siapapun pasti akan betah di forum ini. Meski terlihat simple namun fasilitas yg disediakan terbilang lengkap sebagai sebuah forum.

Jamban Blogger - Forum Blogger Indonesia
Penampakan Jamban Blogger (full page)
Di bagian atas websitenya terdapat 4 tab, ada Home, Forum, Members, dan Help.
Tab Home dan Tab Forum jika di klik sebenarnya akan menampilkan laman yg sama. Di situ akan ditampilkan sub-sub forum yg telah dikelompokkan kedalam beberapa kategori. Setiap sub-forum juga telah tersedia Rule atau petunjuk jika ingin mengirim thread di sub-forum tersebut.

Berikut Saya jelasin dikit tentang sub-forum yg ada berdasarkan kategorinya :
1.            Jamban Blogger.
a.    Jamban Info : Tempat menemukan informasi dasar tentang Jamban Blogger. Salah satunya adalah Tematic Blog JB yg berfungsi buat kamu yang sering bingung cari ide buat nulis di blog. Nah, Kamu bisa liat topik yg diberikan setiap minggunya. Kalo sering ikutan #TematicBlogJB ini, juga bisa dapat penghargaan Blogger of The Month. Lumayan kan buat mendongkrak popularitas yg kian merosot. Hehe
b.   Jamban Update : Tempat berita-berita terupdate tentang Jamban Blogger. Kayak kemarin ada kegiatan Jamban Blogger Goes To Scholl, Jamban Blogger masuk TV, Jamban Blogger masuk Majalah, Jamban Blogger with Artis dll.
2.            Share
a.    Kenalan (Baru daftar, Wajib), Tempat memperkenalkan diri buat anggota yg baru biar makin akrab, kali aja ada yg nyangkut di hati.
b.   Numpang Jamban, Tempat untuk mempromosikan Link tulisan terbaru kita, atau pengen share Tips/Tutorial seputar  Blog, atau punya Info Lomba, Give Away.
c.    Artwork, Buat kamu yg jago desain atu gambar, kalo punya artwork daripada gak ada yg liat, bisa share disini biar dinikmati oleh warga JB.  Sekalian buat koleksi kritik, saran, atau pujian.
3.            The Lounge
a.    Balkon, Tempat sharing dengan materi obrolan yg bebas. Jd kalo pengen buat thread tapi takut salah kamar, mending share disini aja.
b.   Tanya-tanya, Tempat untuk bertanya seputar blog dan menulis. Ingat ya, khusus seputar Blog dan Menulis.
c.    Curhat, Forum JB juga menyediakan tempat curhat buat membernya. Curhatkan isi hati kamu disini.
d.   Review Blog, Tempat untuk saling review tampilan blog antar blogger lainnya, biar bisa tahu kekurangan blog kita dimata orang lain.
4.            Kopdar
a.    Kumpul Keblog, JB juga sering ngadaain kopdar tingkat regional. Nah, disini tempat untuk janjian buat nentuiin kapan mau kopdar.

Selanjutnya di tab Member, kita bisa melihat siapa aja yg udah daftar jadi member. Nama-nama anggota akan diurutkan berdasarkan alphabet. 

Dan yang tak kalah kerendnya adalah adanya fitur-fitur yg menarik untuk dapat berinteraksi dengan sesama member. Seperti Profile Page, jd yg hobby stalking, kamu bisa stalking ke akun member yg lain, Bisa saling Follow, Fasilitas Chatting juga ada. Modus pun tak terhindarkan. Hahaha.

Jamban Blogger - Forum Blogger Indonesia
Salah satu fitur kerend di Jamban Blogger
Diantara kelebihan yg telah saya sebutkan diatas, mungkin yg menjadi kelemahan adalah tidak tersedianya fitur Delete. Jadi kamu harus berhati-hati sebelum menulis sebuah thread, tapi tenangg aja, masih ada kok fasilitas Edit. Mungkin juga mas Hena gak menyediakan fitur Delete untuk mengajak kita lebih cermat dan teliti sebelum berbuat sesuatu. 

FYI aja nih, kalo JB juga punya buku loh. sumpah, serius ini.. judulnya : Galau Unrequited Love @JambanBlogger. nih penampakan bukunya :

Galau Unrequited Love @JambanBlogger
Kerend bgt, apalagi penulis buku ini adalah para anggota jamban blogger yang telah diseleksi oleh editor beberapa bulan yg lalu. Sebentar lagi #BookJB yang ditulis bareng anggota Jamban Blogger ini akan segera terbit. Moga masuk best seller ya.. :)

Sekian review Saya tentang Forum Jamban Blogger. Oiya hampir lupa. Mungkin ada yg bertanya kenapa namanya Jamban Blogger? Menurut CEO-nya, kalo tulisan itu ibarat sebuah makanan, seenak apapun makanannya pasti ngumpulnya di Jamban. Jadi, apapun bentuk tulisan kamu pasti bakalan ngumpul jadi satu di Jamban Blogger.

Tertarik untuk join Jamban Blogger? caranya mudah. Gak perlu ribet-ribet nyiapin foto 3x4, surat keterangan RW, atau foto copy KTP. Gak seribet mendaftar jadi member JKT48 sob. Benar!, sungguh ini. Loe cukup buka website http://jambanblogger.com/ lalu sign up, isi data-data yg diminta, trus tunggu email konfirmasi dari adminnya. gampang kan?.

Setalah jadi member, jangan lupa untuk memfollow akun twitternya (@jambanBlogger). Kamu juga bisa promo blog via twitter @jambanblogger dengan format yg telah ditentukan. Kalo formatnya udah benar, pasti deh di Retweet sama si miminnya karena dia baik hati.

Sebagai penutup, Saya mau ngucapin Selamat Ulang Tahun buat Jamban Blogger
HUT Jamban Blogger

Harapan Saya semoga Jamban Blogger tetap eksis, fasilitasnya makin lengkap dan meyenangkan, membernya bertambah banyak dan dikenal sejagad sebagai Forum Blogger Indonesia. Buat mban2 semoga tetap solid sebagai partner di dunia blogging. Saling men-support, belajar bersama, memperbaiki kekurangan, dan bertumbuh bersama menjadi blogger yg kreatif dan inovatif.

40 komentar

review-nya keren. lengkap dan detil banget, gitu. jadi minder mau ikutan~ JB emang keren. bermanfaat buat blogger miskin pengunjung kayak gue. Hahahaha :D
semoga menang, ya!

Nice Post! :D

Wahaha keren..keren. Kalo gue dulu masuk JB karena di follow sama twitternya @JambanBlogger. Gue diemin berbulan-bulan sampe akhirnya adminnya minta polbek, gue polbek deh #ehh Gak deng! Hahaha xD

Gutlakkk.. Semoga menang :3

Bener banget uniknya JB nih yang bikin tertarik. Udah kalo bikin logo ada filosofinya. Bikin slogan aja ada filosofinya. Super super keren :D

aminnnn...
follback donk sob biar bertambh banyak membernya :)
salam kenal

Keren reviewnya. Semoga JB makin besar :D

wah keren nih, sukses deh ya buat lombanya :D

ahhh makasih mban.. kamu ikut juga dong biar seru ;}

awalnya saya tidak percaya, tapi setelah diuji di ITB dan IPB saya jd tambah gak percaya :p

makasih erick ;}

iya, kreatif banget ya mas hena. jd makin kerend semenjak aku dan kamu bergabung, hahaha

sipp deh sob.. salam kenal juga ;}

amin.. makasih sudah berkomentar ;}

hiyyah, punya kmu jg keren mban.. moga JB makin kerend semenjak ada kita, hahaha

Salam kenal JB, baru pertama kali mampir nih, blognya keren om..


http://cra-vid.blogspot.com/2011/06/kawin-silang.html

salam kenal jg mas hari ;}
kok dipanggil om -_-

salam kenal.. suka baca reviewnya, lengkap n kerend banget.

Nice review. kebetulan aku blm kenalan sama forum ini :)

Ehmmm
Keren review-nya mas.
Saya juga sudah lama tahu komunitas ini.
Oya, selamat ulang tahu untuk Jamban Blogger. :)

Salam..

Seru juga nih kayanya kalau gabung, tapi gw krg eksis sih :p hehe

Wuih keren keren :)) semoga berhasil dan tetep solid!

Lumayan lengkap nh. Yang pentng tetep solid yak!
Hampir semua ikutan bikin ginian kayaknya. Hoho.

ahh biasa aja.. salam kenal juga ya

makasih, ayo join jamban blogger sob :)

gpp. gak harus eksis jg kok di jamban blogger, ntar jambannya **** :D

wah, review kamu jg kerend mban.. oyi keep solid :)

iya, udah banyak yg ikutan.. sipp mban. dan rajin2 blogwalking :)

Wuih keren nih reviewnya... keep solid juga ya mban.. :)

kunjungan perdana mas..
salam kenal dan sukses selalu mas..
follback ya. zon-go.blogspot.com

Lengkap juga nih. Semoga sukses hhe

widih, ulang tahun ya JB ^^

Baru sadar kalau blognya udah PR 1, mantep :)

ciyuss... hehe. salam hangat mban :)

salam kenal juga. terima kasih sudah berkunjung #followed

iya nih. aku juga baru sadar :)

nah, jambannya hadir nih.. amin amin amin.. :)

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) akan dihapus otomatis oleh administrator blog.