Saraba, Minuman Sehat dari si Pemanis Sehat


Gula aren atau bahasa kerennya palm sugar sebagai salah satu jenis pemanis buatan asli Indonesia tentu sudah tidak asing lagi bagi kita.  Bahan bakunya berasal dari pohon aren (pohon enau) yang kemudian diolah sedemikian rupa sehingga terciptalah sebuah pemanis sehat  sejuta manfaat bernama Palm Sugar atau Gula Aren.

Pohon Aren, Pohon Enau, Pohon Ijuk
Pohon Aren (ini bukan saya loh)
Berbicara soal Palm Sugar, Saya teringat dengan minuman tradiosional di kampung saya (Toraja) yang disebut “tuak”, minuman tersebut didapatkan langsung  dari air yg dihasilkan oleh pohon aren dimana disana banyak ditemukan pohon ini dengan nama pohon ijuk. Minuman tuak banyak ditemui di acara pesta orang mati (Rambu Solo’) sebagai teman nongkrong terutama bagi kaum pria.

Sewaktu kecil saya juga sering disuguhkan sebuah minuman oleh Ibu dirumah bernama “Saraba”. Saraba sebenarnya adalah minuman khas dari Makassar, saya pikir selama ini adalah minuman khas Toraja. Minuman ini terbuat dari jahe, telor, santan dan gula aren, nendang banget rasanya. Benar-benar menggoyangkan lidah. Hangat dan manis, bikin wajah yg manis ini jadi tambah manis. 

Rasa khas minuman ini hampir mirip dengan Bandrek atau kalo di Malang ada namanya STMJ (Susu Telor Madu Jahe). Bedanya, jahe merah dan gula aren menjadi pelengkap campuran sensasi hangat, segar dengan rasa manis khas gula aren. Dengan tambahan susu kental manis dan krimer yang dipadukan pada resep minuman hangat ini akan menimbulkan rasa yang semakin gurih.

Penggemar minuman hangat pasti bakalan suka dengan resep minuman yang satu ini. Kalau jalan-jalan ke pantai Losari yang sejuk, apalagi di malam hari saat diterpa dinginnya angin malam, maka sajian minuman hangat Saraba ini tak luput menjadi teman pencipta kehangatan.

Ditemani dengan makanan ringan khas Makassar yaitu Pisang Epe. Yakni pisang yang dibakar kemudian langsung di press menggunakan sepasang balok kayu, kemudian disajikan dengan Sugar palm cair yang telah dicampur kelapa parut, dan biasanya diberi aroma nangka dan durian. Sambil menikmati angin pantai, Pisang Epe dan segelas Saraba ini menjadi sensasi tersendiri untuk menikmati udara malam di Kota Makassar, sembari menyegarkan tubuh yang sudah lemas.

Pisang Epe dan segelas Saraba
Pisang Epe dan segelas Saraba

Tubuh yang letih akan menjadi lebih cepat segar karena kandungan nutrisi pada jahe. Sementara, energi diperoleh dari sukrosa pada gula aren, susu kental manis dan krimmer gurih. Buat teman-teman yang sempat bepergian ke Makassar menggunakan pesawat, minuman Saraba ini juga bisa ditemui di Toraja Executive Lounge.

Arenga Sugar Palm Indonesia
Arenga : Palm Sugar Indonesia

Anda pun dapat menikmati minuman ini tanpa perlu jauh-jauh ke Makassar. Bahannya mudah, buatnya pun gampang. Yang penting anda punya si pemanis sehat Palm sugar, yang juga bisa anda dapatkan di Arenga Palm Sugar.

Blogger Peduli pemanis sehat

12 komentar:

  1. Terima kasih Sobat. Salam hangat dari Serpong

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam hangat dari Malang. salam olahraga :)

      Hapus
  2. Di tempat sayanamanya gula merah, tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya sama aja tuh, atau beda ya...

      Hapus
  3. Terima kasih sudah turut berpartisipasi di Lomba Blog Peduli Pemanis Sehat

    artikel sudah tercatat sebagai peserta ya mas Gustian

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, sukses give awaynya ya

      Hapus
  4. Balasan
    1. betul sekali, tapi masih manis gue sih. wkakakak

      Hapus
  5. Patut dicoba apalagi musim hujan hawanya dingin produk instannya juga ada...

    BalasHapus
  6. Sudah tahukah anda, berapa total hadiah kontes seo minuman berenergi aman tidak berbahaya Kratingdaeng?
    Juara 1 aja dapet 6 juta dan masih ada 5 hadiah lagi untuk juara lainnya, buruan ikutan. Informasi selengkapnya silakan
    klik disini>> minuman berenergi aman tidak berbahaya

    Silakan kunjungi juga website kami yang menyediakan perhiasan xuping, untuk aksesoris dan bisa membuat anda tampil keren dan cantik bila memakai perhiasan tersebut.
    Info selengkapnya silakan klik disini>> toko perhiasan

    BalasHapus

I'm believe that feedbacks and suggestions of service users are part of trigger for me for moving forward to better direction. Submit Questions, Suggestions and Feedback to me through this form.