Ospek Fakultas PTIIK

Btw, Sebelumnya suda baca tulisan "PK2MU Ospek Universitas Brawijaya Laskar 51?" Bagi yang belum baca, mohon baca postingan itu dulu ya biar afdol gitu..^_^ .

Okey. Acara PK2MU (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Universitas) atau bahasa kejamnya yaitu OSPEK, merupakan ospek tingkat Universitas yg berlangsung selama dua hari. Nah, selain itu masih ada yg namanya PK2 Fakultas (Ospek Fakultas dan Ospek Jurusan).

Berbeda dengan Ospek Universitas, Ospek Fakultas dan jurusan ini berlangsung beberapa hari, tergantung kebijakan dari fakultas dan jurusan masing-masing. Kebetulan di fakultas saya, fakultas PTIIK (Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer) tidak ada ospek jurusannya, hanya ospek fakultas yg berlangsung selama 8 kali, diadakan setiap hari sabtu dengan seragam putih-putih.


Banyak yang bilang kalo ospek fakultas di PTIIK itu yg paling santai dibanding fakultas lainnya di UB. nggak sekejam Fakultas Teknik yg rambut cowoknya digundul, FMIPA dengan nametagnya yg ruwet dan membingungkan, ataukah seperti FTP yang ospeknya dari pagi sampai malam.  lain lagi kalau mau dibandingkan dengan ospek di kampus tetangga dimana mahasiswanya sampai ada yg meninggal dunia. 

Miris!. seharusnya cukup diisi dengan kegiatan seputar hal-hal yang nantinya akan kita temui selama menjadi mahasiswa di kampus tersebut. bukan ajang kekerasan atau perpeloncoan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan dunia kampus dan perkuliahan. ospek semacam itu sudah sangat primitif dan bukan lagi jamannya untuk diterapkan dimasa sekarang.

“Mahasiswa baru dianggap sudah dewasa, jadi tidak perlu diatur dan diteriaki”, “Kalo bisa mudah, kenapa harus dipersulit ?,” kata pak Aswin, selaku wakil ketua pelaksana Krida PTIIK.

Welcome Maba PTIIK
Upacara Pembukaan Krida PTIIK 2013

Berikut Cerita Singkat dari perjalanan saya mengikuti Ospek Fakultas. Menurut saya bukan santai tapi "keren" . hmm. mari kita intip satu per satu :

#Krida 1 (6 dan 7 September 2013)
Maba PTIIK dibagi menjadi 2 shift, shift 1 hadir pada tanggal 6, dan shift 2 untuk tanggal 7. Acara Diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung ketua PTIIK. Setelah itu kami menuju ruangan sesuai pembagian kelas krida untuk mendapatkan materi. Materi I diampaikan oleh dosen tentang Etika Mahasiswa (Sekolah VS Kuliah, Etika Perkuliahan, dan Studi Kasus). Materi II disampaikan oleh perwakilan dari BEM PTIIK tentang Pengetahuan akademik (Sistem SKS, KRS, KHS, IP). Setelah itu, review materi dari pendamping, trus pulang deh. dapat snack lagi. haha
Krida PTIIK 2013, Aswin Suharsono
Pak Aswin lagi menyampaikan materi
#Krida 2 (21 September 2013)
Krida hari ini diisi dengan acara Kuliah umum “Tantangan dan Peluang Kerja di Dunia IT” dari PT Adicipta Inovasi Teknologi (Advance Innovations-AdIns-) serta Penjelasan dan Sosialisasi dari Perpustakaan Pusat UB. Semua Mahasiswa Baru angkatan 2013 PTIIK hadir pukul 08.00 – 12.00 di GOR Pertamina UB. seperti krida pada sebelumnya, krida kali ini berlangsung secara tertib dan santai namun kali ini kita gak dapet snack. hehe
Kuliah Tamu Maba PTIIK dari PT ADINS @GOR UB
Kuliah Tamu Maba PTIIK dari PT ADINS @GOR UB
#Krida 3 (5 Oktober 2013)
Pada Krida kali ini saya tidak masuk, gara-gara ikut Kompetisi Blog yg diadakan oleh Himatitan FTP UB. Padahal hari itu adalah pengumpulan hard copy tugas yang telah diberikan sebelumnya, yakni tugas Membuat Blog dengan content berupa artikel tentang "Jati Diri Penggerak Wawasan". jadi tugas krida saya, saya titipkan ke teman saja. kata temanku krida hari itu diisi dengan acara Penyuluhan dari TEGAzS UB seputar HIV-AIDS dan Narkoba.

#Krida 4 (19 Oktober 2013)
Seperti biasa diawali dengan pengumpulan tugas, yakni Essay tentang "Bahaya HIV-AIDS". Acara kali ini adalah Open House LSO and Bazaar of Entrepreneurship PTIIK 2013 yang digelar di lapangan parkir PTIIK. Berbeda dengan krida sebelumnya yg hanya mendengarkan materi dalam ruangan kelas. kali ini kita berkeliling ke stand-stand dari LSO, lembaga, maupun laboratorium yg ada di PTIIK untuk mengenalnya lebih jauh.

#Krida 5 (16 November 2013)
Krida ke-5 ini diisi dengan kegiatan prodi yakni Psikotest untuk jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Acaranya cuma berlangsung 2 jam. trus pulang deh. NB: kita dapet snack lagi dlm krida kali ini.

#Krida 6 (23 November 2013)
lagi-lagi saya bolos dari krida, kali ini saya tidak ikut krida karena ikut Diklat XI UKM TEGAzS UB. Tugas krida pun saya titipkan lagi. tugasnya adalah Mencari contoh proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kemudian di print, serta Membuat essay tentang PKM. Acara krima sendiri diisi dengan informasi seputar PKM
maba ptiik 2013
Maba PTIIK lagi mendengarkan materi seputar PKM

#Krida 7 (23 November 2013)
Untuk ketiga kalinya saya mangkir lagi di Krida. *bandel bener nih anak*. alasannya paling absurd sedunia, gara-gara telat bangun. hahaha. nampaknya acara krida waktu itu masih membahas seputar PKM dan persiapan presentasi PKM maba untuk krida berikutnya

#Krida 8 (14 Desember 2013)
14 Desember, adalah hari terakhir dari kegiatan Krida Mahasiswa PTIIK. acara pada krida tersebut adalah mempresentasikan proposal PKM yang telah dibuat secara berkelompok. nah disini kita juga di kasih snack, mungkin karena udah krida terakhir hihi.
Nametag Maba Flash PTIIK 2013
Nametag Maba PTIIK 2013

Meski dibilang santai, namun ada hal yg "janggal" menurut saya. Saat krida sudah mau berakhir, tiba-tiba desain nametag diganti. maksudnya apa coba? manfaat buat indonesah?. katanya sih biar bisa dipake selama perkuliahan berlangsung. kenapa harus diganti?. pemborosan saja, selain boros uang, juga boros energi karena nametag yg baru ini sedikit menguras tenaga dalam membuatnya.

Secara umum mulai dari KRIDA pertama sampai krida yg terakhir sistemnya tetap sama, dimana tidak ada pressure dan tetap santai. Memang Konsep yang ditawarkan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Konsep baru ini diterapkan dengan model pendampingan.  Menurut saya model ini perlu dipertahankan dengan berbagai perbaikan untuk ospek tahun-tahun berikutnya.

Salam satu hati, satu jiwa, satu TIIK :}
Mourinho said ospek PTIIK Kerend


"Ospek yg Cerdas dan Bermanfaat, Cerminan Intelektualitas Mahasiswa dan Dosen"
Klik Disini Untuk Melihat Foto-Foto Ospek PTIIK UB 2013

6 komentar

"nah disini kita juga di kasih snack, mungkin karena udah krida terakhir hihi"
Bukannya tiap selesai krida dikasih snack ya? ._. bukan cuma krida terakhir aja

ada yg nggak tuh.. atau mungkinj akunya yg gak kebagian :D

hahaha jadi ngiri gue sama maba 2013. Kridanya enak banget :3
kalo jaman ku dulu kayak gini, gan :D
http://smarturl.it/krimaAlpha2012

haha, beda generasi beda nasib :D

saya maba nih gan jurusan sistem informasi ,untuk info PK2 fakultas 2014 . tau gak gan? mohon batuannya... makasih :)

cek disini --> http://ptiik.ub.ac.id/pk2maba/

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) akan dihapus otomatis oleh administrator blog.