Apa Yang Terjadi Jika Bumi Tanpa Pohon?

Pernahkah Anda membayangkan jika bumi kita sudah tidak ditumbuhi oleh pepohonan? Tentu ini bukan hal yang kita semua inginkan. Salah satu sumber kehidupan di Bumi adalah pohon. Maka seharusnya kita mengecam tindakan perusakan, seperti pembalakan liar dan lain sebagainya.

Contoh paling dekat yang kembali marak di 2014 ini adalah kelakuan "primitif" para caleg yang masih memanfaatkan pohon sebagai media kampanye. Mereka dengan seenaknya memajang foto narsisnya bagai penampakan yg bergelantungan di pohon-pohon, tanpa sadar itu dapat merusak kelangsungan hidup sebuah pohon.

Penampakan Caleg di Pohon
Hmm, kita kembali ke topic kira-kira Apa Yang Terjadi Jika Bumi Tanpa Pohon?. Pastilah kelangsungan hidup manusia akan terganggu, lumpuh bahkan hancur. Tak hanya itu, kita juga akan sulit membedakan mana Jakarta dan mana daerah yg lain karena semuanya sudah terkena banjir. hehe. Dan yang paling utama adalah, kita tidak akan pernah merasakan gratisnya oksigen yang kita hirup setiap kali menghembuskan nafas terakhir, karena Pohon sebagai sumber oksigen sudah tidak ada.

Tambahan dari http://www.belantaraindonesia.org menyebutkan bahwa Jika Bumi tanpa Pohon :
Lokal deforestasi dapat menyebabkan kekeringan banjir dan kemudian karena limpasan air erosi tanah akan mempengaruhi kualitas pertanian. Dampak lain dari deforestasi adalah spesies rugi, karena pohon menyediakan habitat bagi ratusan spesies. Dan, tentu saja, deforestasi mengarah ke rilis besar karbon, yang mempengaruhi iklim kita.

Apa dampak jangka panjang mungkin deforestasi? Pelepasan karbon begitu banyak dapat menyebabkan perubahan iklim dan kenaikan permukaan laut, mengakibatkan hilangnya terumbu karang dan ikan, hilangnya mata pencaharian dan peningkatan penyakit tropis, dan pengungsi lingkungan. Konflik antara satwa liar dan air yang mungkin akan terjadi.

Proses fotosintesis akan berhenti, yang berarti bahwa kita perlahan - lahan akan kehabisan oksigen. Dalam hal ini, umat manusia akan memiliki sekitar 200 tahun sampai semua oksigen menghilang dari atmosfer (dengan jumlah saat ini orang di Bumi ).

Tapi itu bukan hal terburuk yang akan terjadi. Hilangnya tumbuhan juga akan menghancurkan rantai makanan di planet ini. Hewan - hewan herbivora semua akan mati dalam waktu satu tahun. Tapi itu tidak berarti bahwa semua kehidupan di Bumi akan hilang. Banyak bakteri dan organisme luka bakar sel yang akan terus berkembang.

Dari penjelasan tersebut sudah jelas bahwa Pohon memang sangat penting dalam kelangsungan hidup kita di bumi. Mengapa tidak dari sekarang kita peduli dan cinta pohon - pohon?
Ayo Menanam Pohon
"Waktu terbaik menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu. Waktu terbaik yang kedua adalah sekarang"

Jamban Blogger


14 komentar:

  1. pastinyaa gersaaaang banget yah kalau gak ada pohonnya --"

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sudah pasti itu. mari kita turun tangan melestarikan pohon di lingkungan kita :)

      Hapus
  2. ga adanya kelangsungan hidup yg baik bagi makhluk hidup lainnya di bumi, karena pohon memegang peranan penting dalam menetralisirkan udara yang kini sudah di penuhi polusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, pohon sbg sumber oksigen. mari ikut turuntangan menanam pohon :)

      Hapus
  3. kalo ada pohon jadi adem. di rumahku juga ada dua pohon mangga, jadi rumah tetep asri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada foto narsis caleg bergelantungan kan? bagi mangganya :D

      Hapus
  4. "Waktu terbaik menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu. Waktu terbaik yang kedua adalah sekarang jadi, mari kita bersama2 untuk selamatkan hutan kami, hutan indonesia :))

    BalasHapus
  5. Dan bumi bakal jadi tempat ternyaman dan teradem jika tak ada manusia.

    BalasHapus
  6. Akan banyaknya polusi dan oksigen berkurang. Keberadaan pohon juga menyerap air :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, kalo sudah tdk ada yg menyerap air pasti Banjir lagi kan :p

      Hapus
  7. depan rumahku udah gak ada pohon :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. depan rumahku jg gak ada, adanya cuma bunga dan pintu rumah :D

      Hapus

I'm believe that feedbacks and suggestions of service users are part of trigger for me for moving forward to better direction. Submit Questions, Suggestions and Feedback to me through this form.