Pilih Blogspot atau WordPress? Ini Perbandingannya


Apakah Anda sedang ragu memilih antara blogspot atau WordPress (.org dan .com) untuk membuat website? Jika benar silakan simak ulasan kami mengenai platform mana yang tepat untuk Anda gunakan.
Ketika akan membuat website atau blog tentu memerlukan banyak waktu, karena Anda harus menentukan beberapa hal. Diantaranya seperti strategi melakukan promosi blog, baik itu melalui mesin pencari atau sosial media untuk mendapatkan pengunjung.
Selain itu yang paling utama adalah menentukan platform yang akan digunakan. Biasanya Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan, sebagai contoh memilih Blogspot atau WordPress seperti yang akan kami bahas pada artikel ini.

Sebagai catatan, untuk WordPress yang dibandingkan di sini adalah WordPress.org dengan Blogger (blogspot).


1. Kepemilikan

a. Blogger

Jika Anda menggunakan blogger, Anda tidak perlu membayar biaya hosting atau tempat penyimpanan, jika penggunaan akun Google Anda belum melebihi 15GB. Anda hanya perlu membuat akun Google, langkahnya sama seperti daftar Gmail, bedanya Anda perlu mengakses Blogger.com.
Blogger sendiri merupakan layanan yang dimiliki oleh Google dan Anda tidak memiliki kontrol penuh. Sehingga sewaktu-waktu jika Anda dianggap melanggar syarat dan ketentuan mereka maka website Anda bisa dihapus kapan pun. Untuk berjaga-jaga, maka Anda perlu melakukan backup konten blog Anda.

b. WordPress

Sedangkan, jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform untuk website Anda, maka Anda perlu membeli hosting di layanan seperti Niagahoster untuk menyimpan data website.
Anda bebas menentukan seberapa lama website akan diaktifkan dan Anda adalah pemilik utama data website yang disimpan pada server hosting, sehingga Anda memiliki kontrol penuh untuk mengelolanya.
Silakan baca tutorial mengenai cara membuat website langkah demi langkah jika ingin mengetahui lebih lengkap mengenai cara hosting website.

2. Tampilan

a. Blogger

Untuk tampilan default yang disediakan oleh Blogger (blogspot) cukup terbatas. Jika Anda ingin mengubah tampilan seperti warna dan tampilan dapat Anda ubah melalui tools yang tersedia.
template blogspot
Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih menarik, Anda perlu membeli template dari phak ke tiga yang banyak tersedia. Di indonesia sendiri sudah banyak penyedia template Blogger premium dengan kualitas yang cukup baik.

b. WordPress

Salah satu keuntungan menggunakan WordPress adalah tersedianya ribuan template gratis dengan tampilan menarik, sehingga website Anda akan terlihat profesional.
template wordpress
Anda dapat menemukan template gratis dengan mudah sesuai dengan kategori dari website Anda, misalnya template untuk website berita atau lainnya, Anda hanya perlu mengakses repository template WordPress.

3. Kontrol

a. Blogger

Anda tidak memiliki kontrol penuh pada website dengan tool cukup terbatas yang dapat Anda gunakan untuk mengelola website. Sebagai contoh, untuk permalink akan mengikuti permalink default, sehingga Anda tidak bisa membuat struktur permalink sesuai dengan yang diinginkan.

b. WordPress

Karena WordPress merupakan software open source, sehingga dengan mudah Anda dapat menambahkan fitur baru. Untuk menambahkan fitur baru, Anda tidak perlu menguasai pemrograman, cukup menginstal plugin sesuai dengan jenis fitur yang diinginkan.
Sebagai contoh, ketika Anda ingin membuat toko online yang dilengkapi shopping cart, cukup menginstal plugin WooCommerce dan melakukan beberapa pengaturan sesuai petunjuk.

4. Keamanan

a. Blogger

Salah satu keuntungan menggunakan Blogger, website Anda cukup aman karena dikelola oleh Google, dengan syarat Anda menggunakan template default. Anda tidak perlu repot mengelola penggunaan sumber daya server atau mengamankan blog Anda. Meskipun website Anda dapat dihapus sewaktu-waktu oleh pihak Blogger.

b. WordPress

WordPress dikenal sebagai platform yang terbilang memiliki tingkat keamanan yang baik karena script selalu diperbaharui secara berkala.  Untuk kontrol sepenuhnya ada pada Anda, sehingga harus melakukan backup sendiri. Ada banyak plugin yang tersedia untuk memudahkan hal tersebut, silakan baca artikel mengenai plugin wajib WordPress.

Kesimpulan

infografis blogspot atau wordpress
Cara terbaik ketika akan memilih apakah WordPress.com atau Blogspot untuk website Anda adalah dengan mengetahui setiap fitur dan batasan yang tersedia seperti yang telah kami bahas melalui artikel ini.
Apabila Anda memiliki pertanyaan atau masukkan, jangan ragu untuk berkomentar melalui form yang tersedia. Silakan Subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda. 🙂

4 komentar

kunjungi duka ri blog ku pa..

siapa. aku seering jalan2 kesana tangkinsukma.blogspot kan. *rileks*

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) akan dihapus otomatis oleh administrator blog.