Tips Mengatasi Homesick

 Tips Menghilangkan rasa homesick
Biasanya bagi mahasiswa baru yang anak rantau macam saya ini, rentan untuk terjangkit virus homesick. Nah, berikut ini saya akan share beberapa tips untuk mengusir homesick. Semoga membantu ya!

Sok sibuk!
Sok – sok sibuk disini ya maksudnya kita memang harus cari – cari kesibukan di luar tugas kuliah yang emang sudah bikin sibuk jadi untuk mengisi waktu yang kosong. Semisal, diskusi kelompok atau hanya sekedar ngumpul. Atau lebih bagus lagi ikut organisasi atau gabung di UKM. Selain sibuk juga jadi meningkatkan soft skill kita. Pokoknya busy in positive ways lah.

Jangan sering – sering di kamar
Sebisa mungkin kita meminimalisir waktu kita di kost-an. Di kamar itu Cuma buat istirahat aja sama ngerjain tugas. Karena percaya deh, kamar kost adalah tempat yang paling berpotensi untuk menimbulkan perasaan homesick. Jadi mendingan kalau emang ngga ada kerjaan jangan ngamar, ngampus aja cari wifi atau cari jodoh sekalian.

Kumpul bareng teman – teman sedaerah
Setidaknya ini membantu loh. Untuk saya sendiri, ngobrol dengan teman yang sedaerah itu mengurangi homesick. Sharing and caring dengan bahasa yang sama jadi berasa so home!

Cari teman dari berbagai daerah
Selain kumpul bareng teman yang sedaerah, cari juga teman – teman dari berbagai daerah. Semakin kita kenal teman – teman yang variatif, semakin seru. Jadi kita bisa ngobrol asik tentang potensi – potensi alam di daerah masing – masing. Bisa sharing tentang makanan daerah juga (sesekali minta bikini makanannya juga gasalah :p.)

Jangan kepancing promo tiket
Sering sekali kalau kita lagi berselancar di dunia maya tiba – tiba melihat promo tiket pesawat murah. Jangan terpancing kalau memang itu belum jadwalmu untuk pulang, jangan! Kuatkan imanmu, Nak. Tabah. Jangan sering – sering iri sama teman yang bisa pulang ke rumah setiap minggu. Mereka kan emang jarak tempuhnya nggak jauh dan gak terlalu lama dari sini. Apa kabar yang mesti naik mobil atau kereta seharian? We are not them.

Change your mind
The last but not least, change your mind! Pikirkan kalau kita bukan orang satu – satunya yang tinggal jauh dari kampong halaman dan orang tua. Banyak juga teman – tema kita yang anak perantauan tapi kuat – kuat aja, tuh? Lalu kenapa kita tidak?

Nah, itulah tips dari saya sekiranya dapat membantu. Yang paling terpenting sih buat diri kita nyaman dimanapun kita berada jangan sengaja mencari yang tidak ada. Dan jangan juga selalu menghindari homesick. Homesick itu perlu juga jadi kita nggak cuek – cuek amat sama keadaan rumah dan orangtua disana. Semoga membantu dan HIDUP MAHASISWA!

sumber : info Brawijaya  

7 komentar

Boleh nih tipsnya, seringkali saya kalo ada acara nginep2 gitu awalnya semangat, makin kesini makin kangen rumah hehe. Sukses terus! Kunjung&beri kritik/saran balik yaa hendrifahrezi.blogspot.com

silahkan dicoba mas, dijamin tembus.. hehee
thanks ya udah berkunjung, saya akan segera meluncur ke blog sobat

mantap nih pas banget baru buat post gara gara home sick nih liat aja http://adf.ly/cLgVt . Makasih tips nya bro

ups, semoga homesicknya cepat hilang ya bro

Aku lagi homesick nih mas. Udah ada kali semingguan ini. Padahal jadwal udah padet banget. Tapi kalo lagi mandi, kamar mandinya ga nyaman atau mau tidur karna kasurnya gaenak. Jadi kangen banget loh sama rumaah

makasih sudah repost tulisan saya. alangkah lebih baik jika ditulis credit nya :)

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) akan dihapus otomatis oleh administrator blog.